Ada 5 Bahasa Tersulit di Dunia, Apa Saja?

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 19 Nov 2021 16:00 WIB
Ilustrasi bahasa yang hilang
Foto: Speech4Hearing
Jakarta -

Menguasai bahasa asing akan menjadi nilai tambah dan membuka banyak peluang kedepannya. Namun mempelajari bahasa asing bukan merupakan hal yang mudah. Bahkan ada beberapa bahasa asing yang menjadi bahasa tersulit di dunia.

Apa saja bahasa tersulit di dunia? Berikut adalah 5 bahasanya yang dikutip dari laman CNN:

Bahasa Tersulit di Dunia

1. Jepang

Bahasa Jepang termasuk salah satu bahasa tersulit di dunia. Bahasa Jepang merupakan bahasa yang cukup kompleks secara harfiah. Di bahasa Jepang sendiri terdapat tiga aksara yang dikenal yaitu hiragana, katakana, dan kanji.

Masyarakat Jepang tidak terbiasa menulis dengan huruf romawi. Selain menggunakan tiga jenis aksara, kesulitan bahasa Jepang juga terlihat dari struktur kalimatnya. Bahasa Jepang memiliki struktur yang membingungkan daripada bahasa lainnya.

2. Rusia

Rusia menjadi bahasa tersulit di dunia karena menggunakan alfabet yang berbeda dari biasanya. Bahasa Rusia sendiri menggunakan alfabet Cyrillic. Bagi pemula yang mempelajarinya, bahasa Rusia kerap disebut sebagai bahasa yang memusingkan.

Selain itu bahasa Rusia juga memiliki intonasi yang berbeda-beda sehingga terlalu fleksibel dan mudah berubah dalam arti dan nada sesuai dengan konteks kalimatnya. Adapun kata kerja dan tata bahasa dalam bahasa Rusia menambah kesulitan bahasa ini.

3. Arab

Bahasa Arab memiliki jumlah alfabet sebanyak 28 huruf. Huruf-huruf alfabet ini dapat berubah sesuai dengan bunyi huruf-huruf di sekitarnya. Huruf Arab juga merupakan bentuk seni karena ditulis dari kanan ke kiri.

Dalam hal intonasi dan pengucapan, bahasa Arab juga memiliki aturan tersendiri. Walaupun bahasa Arab diucapkan di lebih dari 20 negara, setiap negara memiliki dialek tertentu.

4. Jerman

Bahasa Jerman adalah bahasa yang memiliki aturan untuk kata benda dan kata kerja. Dalam kata benda, bahasa ini memiliki empat kasus yang berbeda dan tiga kata untuk tiga jenis kelamin yang berbeda.

Di bahasa Jerman juga memiliki kalimat infinitif yang berguna untuk menciptakan rantai panjang verba di akhir setiap kalimat. Hal tersebut dikarenakan verba terletak di bagian akhir klausa bahawan.

5. Mandarin

Bahasa Mandarin termasuk bahasa yang sudah digunakan secara internasional. Hal yang membuat bahasa Mandarin sulit adalah penggunaan huruf. Perbedaan kecil pada tekanan huruf akan melambangkan perbedaan makna.

Bahasa Mandarin juga memiliki empat nada yang berbeda dalam pengucapannya. Bahasa Mandarin juga termasuk homofon yaitu bahasa yang sama pengucapannya namun memiliki arti yang berbeda tergantung kalimat yang mengikutinya.

Homofon dalam bahasa Mandarin juga memiliki jumlah yang cukup banyak.

Itulah lima bahasa tersulit di dunia. Apakah detikers menguasai salah satu bahasa tersebut?



Simak Video "Heboh Juru Bahasa Isyarat HUT Ke-77 RI Ikut Joget 'Ojo Dibandingke'"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia