Belajar dari Pakar

Ngecas HP "Kentang" Pakai Charger Fast Charge, Kok Tetap Lama Ya?

Dixon Thomas - detikEdu
Kamis, 06 Jan 2022 08:00 WIB
Dixon Thomas
Dixon Thomas
Dixon Thomas pendiri akun Physible, seorang lulusan fisika yang cukup berbahagia. Physibles adalah akun edukasi populer yang mempunyai misi untuk mengobati alergi orang – orang terhadap fisika.
Pemerintah Kota Bekasi sediakan fasilitas berupa lemari colokan charger ponsel gratis.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Waktu lagi gabut, enggak ada kerjaan, temen - temen pasti pernah mikirin hal ini: "Kalo misalnya smartphone 'kentang' dicas pake charger fast charge, proses nge-cas nya bakalan nambah cepet ato engga sih?".

Ternyata, jawabannya itu enggak loh!! Kok gitu ya??

Itu semua dikarenakan untuk nge-cas lebih cepat, dibutuhin tenaga (power) listrik yang lebih gede. Dan kaya pelajaran fisika di sekolah dulu, power atau daya listrik itu sama dengan tegangan dikalikan arus listrik.

Makanya supaya nge-casnya lebih cepat, dibutuhkan tegangan atau arus listrik yang lebih besar. Tapi, karena tegangan dari baterai itu sudah tetap, yang biasanya digedein untuk nge-cas lebih cepat adalah arus listriknya.

Sayangnya, enggak semua smartphone bisa dicas dengan arus yang lebih gede. Karena dengan arus yang gede, energi panas yang dihasilkan sama smartphone itu juga bakalan makin gede.

Makanya supaya enggak panas, tiap smartphone pasti punya 'satpam' yang mencegah arus listrik berlebih ini! Satpam ini ngejaga supaya arus listrik yang masuk ke smartphone enggak melebihi kemampuan si smartphone itu.

Karena itu, walaupun pake charger tercepat di dunia pun, HP kentang enggak bakalan nge-cas lebih cepat karena arus listrik yang masuk ya segitu-gitu aja.

Tapi, ngomongin tentang cas smartphone, temen - temen juga pasti pernah kepikiran pertanyaan ini: "Bener ga sih smartphone kalo dicas berlebihan itu bisa bikin baterenya kembung?" Ya kan? Dan jawabannya ternyata bener! Penyebabnya apaan?

Ini karena smartphone yang dicas berlebihan baterainya bakalan jadi panas. Dan karena panas ini, reaksi kimia di dalam baterai yang menghasilkan udara bisa terjadi.

Dan karena ada udara di dalamnya, batere itu bakalan jadi kembung dah! Kaya masuk angin gitu. Tapi, fenomena kaya gini cuma bisa terjadi di smartphone jadul loh temen - temen! Kenapa?

Karena smartphone zaman sekarang semuanya punya 'satpam' kedua yang ngelindungin baterainya supaya ga di-cas berlebihan. Makanya kalo baterainya udah penuh, proses nge-casnya itu enggak bakal dilanjutin sama itu satpam. Keren kan??

Kayanya satpam di HP kita bisa bersaing nih sama satpam dari bank sebelah..



Simak Video "52 Ponsel Ini Tidak Bisa Gunakan WhatsApp Dengan Aman"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia