Belajar dari Pakar

Ternyata Nyanyi di Kamar Mandi Beneran Bikin Suara Kita Lebih Merdu!

Dixon Thomas - detikEdu
Jumat, 24 Des 2021 17:00 WIB
Dixon Thomas
Dixon Thomas
Dixon Thomas pendiri akun Physible, seorang lulusan fisika yang cukup berbahagia. Physibles adalah akun edukasi populer yang mempunyai misi untuk mengobati alergi orang – orang terhadap fisika.
mandi junub
Ilustrasi kamar mandi Foto: istock
Jakarta -

Coba ngaku nih, teman - teman detikers sering enggak nyanyi-nyanyi waktu mandi? Atau bahkan waktu buang air? Pasti banyak yang sering nyanyi kan walaupun suaranya pas-pasan? Enggak apa-apa, kita senasib hehe.

Dan teman-teman pasti ngerasain kalo nyanyi di kamar mandi itu buat suara kita kedengeran lebih merdu. Nada-nada fals hilang, terus suara kita pun terdengar lebih berpower dan berisi. Benar kan?

Kebanyakan orang berpikir kalo merdunya suara kita di kamar mandi itu cuma ilusi doang. Tapi ternyata enggak! Suara kita beneran nambah bagus di kamar mandi! Enggak percaya?

Buktinya ada satu band internasional terkenal yang sengaja rekaman di kamar mandi loh! Nama band itu The Pixies. Pernah dengar kan?

Dalam proses rekaman lagu 'Where is My Mind', karena keterbatasan studionya, perekaman beberapa bagian backing vocal dilakukan di kamar mandi supaya dapetin efek ajaib tadi. Dan hasilnya memuaskan banget! Tapi kok bisa sakti kaya gitu sih??

Ini semua karena luas dari kamar mandi yang kecil dan dindingnya yang terbuat dari bahan keras kaya keramik sehingga mereka banyak memantulkan suara.

Kayak yang dipelajari di sekolah, waktu gelombang suara kita mantul, gelombang pantul tadi bakalan gabung sama suara yang baru kita keluarkan dari mulut.

Nah terjadi deh fenomena interferensi gelombang suara. Dan karena penggabungan ini, suara kita terdengar lebih keras dan ber-power, bahkan waktu nyanyiin nada-nada yang terlalu tinggi atau rendah untuk kita.

Terus, karena suara itu mantul-mantul terus dan tidak pergi ke mana-mana, suaranya jadi bertahan lebih lama hilang. Akibatnya,timbul deh efek gema atau dalam bahasa kerennya disebut reverb.

Dan hebatnya, karena suara gema itu cukup gede, dia bakalan nutupin beberapa nada-nada fals kita supaya enggak kedengeran. Jadi mulus banget deh suara kita kaya muka doi!

Tapi enggak sampai di situ temen-temen detikers. Karena ruangan kamar mandi yang kecil, suara yang paling bertambah powernya itu suara bass kita.

Akibatnya, suara nyanyian kita kedengeran lebih berisi dan pastinya jadi lebih enak didenger! Karena keajaibannya ini, beberapa tempat karaoke jadinya berinovasi untuk masukin efek-efek ajaib dari kamar mandi ke dalam micnya.

Ini supaya nyanyian di sana jadi kedengeran tambah bagus. Jadi betah banget deh nyanyi di sana! Enggak nyangka kan??



Simak Video "Kemampuan Bernyanyi Reza Rahadian Diuji di Film 'Garis Waktu'"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia