Apakah Benar Planet Mars Berwarna Merah? Ini Faktanya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Minggu, 02 Jan 2022 10:00 WIB
Mars planet 3D render illustration, high detailed surface features, martian red globe scientific background with stars in the background.
Foto: iStockphoto/Cobalt88/Ilustrasi Planet Merah Mars
Jakarta -

Planet Mars sering digambarkan dengan berbagai elemen warna merah. Bahkan planet Mars dijuluki sebagai planet merah. Tapi benarkah planet tersebut memang berwarna merah?

Merangkum laman Science Times, Planet Mars tidak seluruhnya berwarna merah. Lapisan yang menutupi Mars sendiri memiliki warna kemerahan yang terkubur hingga setipis beberapa milimeter saja.

Warna itu disebabkan oleh sifat-sifat oksida besi yang tersebar di seluruh planet, yang membuat seluruh planet berwarna kemerahan hingga oranye. Baik permukaan dan wilayah atmosfer Mars dapat diamati dari luar angkasa dengan warna yang hangat dan dapat dikenali.


Bukti Komposisi Mars Tidak Berwarna Merah

Salah satu bukti yang bisa meyakinkan orang adalah uji coba yang ditinggalkan oleh penjelajah Mars. Ketika tanah di permukaan tergores, debu dan batu akan menjauh dari tanah yang sebenarnya.

Melalui perpindahan yang disebabkan oleh mesin ini, orang dapat melihat warna lain selain merah. Selain itu, beberapa area di permukaan planet ditemukan memiliki lapisan merah yang secara signifikan lebih tipis dibandingkan dengan medan lainnya.

Maka dari itu, tidak mengherankan bahwa warna kemerahan Mars dangkal. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa planet ini memiliki mineral dan bahan kimia selain oksida besi yang memungkinkan munculnya warna-warna kecil.

Sementara dalam berbagai kisah peradaban kuno, obsesi penyair dengan warna Mars yang unik terlihat jelas. Misalnya, kata Sansekerta Mangala yang diterjemahkan menjadi Mars, dianggap sebagai definisi merah.

Di Mesir kuno juga muncul kata 'har decher' secara langsung diterjemahkan menjadi 'yang merah.'


Proses Cahaya dan Lembaran Atmosfer

Ketika kemajuan dari studi astronomi meluas, para ilmuwan dapat mengamati Mars melalui pandangan yang jauh lebih besar daripada teleskop standar.

Misalnya warna redup bumi yang didukung oleh efek hamburan Rayleigh dan faktor lain yang membuat bola bersinar dengan warna lebih dominan yang dikandungnya. Menggabungkan proses cahaya dan lembaran atmosfer memungkinkan planet ini menunjukkan rona biru saat diamati di luar angkasa.

Berbeda dengan Mars yang memiliki wilayah atmosfer hanya 0,7 persen dari total lembaran Bumi. Hal itu bisa menggagalkan hamburan Rayleigh dan membuat partikel cahaya redup. Dengan demikian, permukaan Mars didominasi oleh warna merah.

Dalam sebuah laporan oleh Big Think, para ahli mempresentasikan grafik panjang gelombang yang merinci pancaran spektral yang berbeda, yang menyebabkan Mars menjadi merah penuh.


Elemen Berbeda yang Membuat Mars Merah

Dalam studi terpisah yang diterbitkan dalam jurnal Science, berjudul "Global Mineralogical and Aqueous Mars History Derived from OMEGA/Mars Express Data" para ahli juga menunjukkan bahwa kemerahan Mars didukung oleh angin debu yang terus menerus.

Instrumen OMEGA memeriksa bintik-bintik tersebut, dan ditemukan bahwa sebagian besar potongan berasal dari hematit merah nanokristalin, komposit ringan yang dapat dipindahkan dengan mudah oleh angin Mars yang biasanya bergerak sekitar 100 kilometer per jam atau kurang.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Icarus, warna merah mendominasi planet Mars karena jarak tempuh partikel debu yang pendek dan konsentrasi bintik-bintik ini di lereng yang lebih curam.

Selain oksida besi berwarna kemerahan, bahan kimia ini juga diketahui memiliki bentuk terpisah yang disebut magnetit, mineral besi yang berwarna hitam.

Jadi dapat disimpulkan bahwa warna merah Mars tidak mewakili keseluruhan planet, melainkan mencakup wilayah yang signifikan di mana oksidasi berlimpah. Warna lain dari reaksi mineral juga membuat warna yang berbeda di planet ini, tetapi tidak cukup untuk menutupi permukaan seperti oksida besi.



Simak Video "Kalau Wisata ke Planet Mars, Destinasinya Kemana Aja Ya?"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia