Apa Benar Gajah yang Besar Takut pada Tikus? Begini Faktanya

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 29 Des 2021 14:30 WIB
Elephant enjoying retirement in a rescue sanctuary
Foto: Getty Images/iStockphoto/chrisuk1
Jakarta -

Gajah dan tikus memiliki ukuran yang jauh berkebalikan. Gajah adalah hewan berukuran sangat besar, sedangkan tikus cenderung berukuran kecil.

Tetapi, banyak orang beranggapan tikus adalah binatang yang ditakuti oleh gajah. Misalnya dalam berbagai kartun seperti Dumbo, digambarkan gajah meringkuk dari tikus, demikian dikutip dari Live Science.

Mitos yang beredar kerap mengatakan bahwa gajah takut apabila tikus merayap ke belalainya atau menggigiti kakinya. Mitos tikus memanjat belalai ini sudah bisa ditelusuri jejaknya sejak zaman Yunani kuno dalam sebuah fabel. Dikatakan dalam Discovery's Myth Busters seperti dikutip dari Live Science, sebagian anggapan juga mengatakan mitos ini berawal dari penulis dan filsuf Pliny the Elder pada tahun 77 M.

Fakta Mitos Gajah Takut Tikus

Dikatakan oleh Christopher Plimb pada 'The Gregorian Menagerie: Exotic Animals in Eighteenth-Century London' dalam I. B. Tauris (2015), seorang dokter asal Irlandia pada akhir 1600-an bernama Allen Moulin mencari tahu mengapa gajah bisa gemetar di depan seekor tikus.

Moulin berpendapat, gajah tidak memiliki epiglotis, lipatan kartilago yang menutup lubang tenggorokan saat menelan. Menurutnya gajah bisa jadi merasa khawatir seekor tikus merangkak melalui belalai dan membuat mereka merasa tercekik.

Akan tetapi, para ahli biologi saat ini tahu, gajah sebetulnya memiliki penutup tenggorokan yang berdaging. Pakar gajah, Richard Lair yang telah meneliti hewan tersebut selama 30 tahun juga menilai, mitos ini muncul karena anggapan bahwa tikus dapat merayap ke belalai dan nostril gajah.

Lair berpendapat hal ini tidak masuk akal karena gajah bisa dengan mudah meniup dan mengeluarkan tikus tersebut. Selain itu, tikus sangat tidak mungkin bisa merangkak ke dalam nostril gajah.

Hal yang paling mungkin adalah, gajah yang punya penglihatan cukup buruk itu merasa kaget ketika ada tikus yang melintas. Peneliti perilaku dan kecerdasan gajah dari University of Cambridge, Josh Plotnik menyatakan, gajah dapat merasa takut terhadap apa pun yang tiba-tiba merayap atau berlari. Jadi, hewan itu bisa terkejut dengan binatang apa saja yang membuat gerakan tiba-tiba dekat kakinya, bukan hanya tikus.

Seorang peneliti dari Royal Veterinary College London, John Hutchinson juga mengatakan hal senada. "Gajah-gajah terkadang merasa sedikit cemas saat hewan kecil dan cepat ada di sekitar mereka," kata dia.



Simak Video "Pintarnya Gajah Beraksi, Riau"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia