Dear Siswa, Ini 3 Kebudayaan Seni Indonesia yang Masuk Daftar UNESCO

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 29 Des 2021 13:15 WIB
Museum Nasional, Jakarta, mengadakan pelatihan memainkan alat musik tradisional yaitu gamelan. Pelatihan ini sangat diminati oleh anak-anak hingga remaja.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Indonesia memiliki banyak kekayaan budaya mulai dari tarian tradisional hingga makanan khas. Beberapa kebudayaan Indonesia tersebut masuk ke dalam daftar United Nation Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) di kategori Warisan Budaya Tak Benda.

Apa saja kebudayaan Indonesia yang masuk dalam daftar Unesco? Ini penjelasannya yang dikutip dari laman Direktorat SMP:

Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

1. Gamelan

Indonesia kaya akan keragaman budaya yang tak ternilai. Salah satu budaya kita yang dilestarikan/dikembangkan dan diwariskan sejak dahulu hingga kini salah satunya alat musik tradisonal Gamelan.Indonesia kaya akan keragaman budaya yang tak ternilai. Salah satu budaya kita yang dilestarikan/dikembangkan dan diwariskan sejak dahulu hingga kini salah satunya alat musik tradisonal Gamelan. Foto: dok. UNESCO

Gamelan sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda dalam sidang Unesco sesi ke 16 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage di Paris, Prancis pada 15 Desember 2021.

Gamelan sendiri memiliki tiga aspek penting yaitu material, musik, dan fungsi. Gamelan adalah orchestra perkusi Indonesia. Gamelan ini terbuat dari logam tempa tangan seperti perunggu, kuningan, dan besi.

Gamelan juga digunakan untuk ritual dan upacara siklus hidup manusia, terapi kesehatan mental, dan tujuan lainnya. Misalnya untuk memperbaiki karakter, mengembangkan keterampilan hidup, meningkatkan konsentrasi belajar, kepercayaan diri dan motivasi.

2. Tari Saman

Tari SamanTari Saman Foto: Duta Saman Indonesia

Tari Saman adalah tarian yang berasal dari masyarakat Gayo di provinsi Aceh, Sumatera. Tarian ini dilakukan sambil duduk atau berlutut dalam barisan yang rapat.

Para penari menggunakan kostum hitam yang dihiasi dengan gayo warna-warni. Gayo warna-warni melambangkan alam dan nilai-nilai luhur.

Gerakan dalam tari Saman melambangkan kehidupan sehari-hari dalam masyarakat Gayo dan lingkungan alamnya.

Tari Saman digunakan untuk merayakan hari besar nasional dan keagamaan dan mempererat hubungan antar kelompok desa. Tari Saman ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda UNESCO pada tahun 2011.

3. Pertunjukan Wayang

Yuk, Lihat Ragam Pameran Wayang di Bentara BudayaYuk, Lihat Ragam Pameran Wayang di Bentara Budaya Foto: Agung Pambudhy

Wayang adalah kebudayaan Indonesia yang berasal dari Jawa. Wayang juga berkembang di Bali.

Wayang memiliki dua jenis yaitu wayang kayu tiga dimensi (wayang klitik atau golek) dan wayang kulit datar (wayang kulit).

Cerita dalam wayang sendiri meminjam karakter dari mitos asli, epos India dan pahlawan dari cerita Persia. Dalam pertunjukkan dayang terdapat dalang.

Wayang menjadi warisan budaya tak benda pada 4 November 2008.

Itulah daftar kebudayaan Indonesia yang masuk dalam warisan budaya tak benda Unesco. Jangan lupa terus melestarikan budaya tersebut ya, detikers!



Simak Video "Wayang dari Ranting Daun Singkong, Upaya Lestarikan Kesenian"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia