6 Manfaat Memasak Bersama Anak, Bisa Sambil Belajar Pelajaran Sekolah

Anatasia Anjani - detikEdu
Minggu, 26 Des 2021 07:00 WIB
memasak bersama anak
Foto: iStock/Memasak Bersama Anak
Jakarta -

Mengajak anak memasak ternyata memiliki banyak manfaat salah satunya sambil mempelajari pelajaran sulit di sekolah. Pelajaran tersebut yaitu bahasa, matematika, sains, dan meningkatkan kreativitas.

Berikut adalah manfaat memasak bersama anak yang dikutip dari laman Paudpedia:

6 Manfaat Memasak Bersama Anak:

1. Mengasah Keterampilan Hidup

Memasak merupakan salah satu keterampilan hidup. Dengan memasak anak dapat beradaptasi dengan baik hingga dewasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

2. Membantu Anak Mengenal Beragam Rasa

Manfaat memasak bersama anak dapat mengenalkan beragam rasa kepada anak. Hal ini berfungsi untuk mengembangkan sensori anak. Anak-anak yang terlibat dalam proses memasak akan tertarik mencoba makanan baru sehingga dapat mengenal rasa yang baru juga.

3. Mengembangan Kemampuan Fisik

Ketika memasak anak dapat mengaduk, mengukur, menggulung, memeras, dan kegiatan lainnya. Hal ini dapat mengembangkan keterampilan motorik sperti koordinasi tangan mata dan kelenturan otot.

4. Belajar Pelajaran Sekolah

Dengan memasak anak dapat mempelajari pelajaran sekolah. Misalnya matematika yaitu dengan menghitung bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak, menimbang, pecahan, perkalian dan lain sebagainya.

Untuk pelajaran sains saat memasak anak dapat melihat perubahan warna, tekstur, dan bentuk pada bahan masakan. Mereka juga dapat membuat prediksi dan pengamatan apa yang terjadi jika menambah atau mengurangi bahan tertentu.

Sedangkan untuk pelajaran bahasa juga dapat membantu anak untuk menjelaskan dan mendeskripsikan apa yang dibuat oleh anak. Mereka dapat menjelaskan apa yang mereka lihat, cium, dan rasakan. Mereka juga dapat belajar membaca resep dan membuat resep.

Sedangkan untuk meningkatkan kreativitas, anak dapat belajar menyajikan apa saja yang mereka inginkan. Misalnya menghias kue sesuai kreativitas.

5. Membangun Hubungan

Dapur adalah tempat yang baik untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama anak. Di dapur orang tua dan anak dapat menggali satu sama lain misal berbicara tentang diri sendiri, menggali pengetahuan, empati, dan kepedulian terhadap sesame.

Dapur juga tempat yang tepat untuk saling bekerja sama dan berkomunikasi dan membangun hubungan yang lebih kuat.

6. Melatih untuk Percaya Diri

Dapur adalah tempat yang baik untuk menumbuhkan kepercayaan diri anak. Hal ini dapat dilakukan dengan melibatkan anak-anak memasak dan memberikan banyak kesempatan untuk mendorong dan mengapresiasi aktivitas mereka.

Nah itulah manfaat memasak bersama anak. Jangan lupa ajak anak memasak ya, Bunda!



Simak Video "Megawati akan Praktik Masak, Buktikan Diri Bisa Urus Rumah Tangga"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia