5 Manfaat Kehidupan Asrama untuk Mendorong Perkembangan Siswa

Sponsored - detikEdu
Kamis, 30 Sep 2021 17:06 WIB
Pelita Harapan House
Foto: dok. Pelita Harapan House
Jakarta - Kehidupan asrama-atau dikenal juga dengan istilah boarding school-adalah pengalaman yang tiada duanya bagi siswa sekolah. Kehidupan asrama menyediakan tempat tinggal yang jauh dari rumah, menjadi tempat bagi siswa untuk hidup dalam komunitas dan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri.

Tinggal di asrama memiliki keuntungan tersendiri dan ada banyak hal yang bisa didapat dari komunitas asrama. Inilah 5 manfaat yang akan Anda lihat pada anak Anda ketika mereka mengalami kehidupan di asrama.

Peningkatan Hasil Akademik

Penelitian dari Center for Applied Economics and Policy Research menemukan bahwa tinggal di asrama dapat meningkatkan kinerja akademik seorang siswa. Siswa yang tinggal di asrama memiliki lebih banyak waktu untuk belajar secara mandiri atau dalam kelompok dengan lebih sedikit distraksi. Kesempatan untuk berada di antara teman-teman mereka dapat mendorong anak Anda belajar bersama dan saling membantu satu sama lain.

Pengembangan Karakter dan Kepribadian

Salah satu manfaat yang paling akan terlihat jelas adalah bertumbuhnya karakter kemandirian. Dengan tinggal sendiri dan jauh dari orang tua, anak akan didorong untuk hidup disiplin dan lebih bertanggung jawab kepada diri sendiri maupun orang-orang di sekitar, dan hal ini akan semakin mendorong kedewasaan pribadi. Ini adalah tempat pelatihan yang luar biasa bagi mereka saat mereka mempersiapkan diri untuk kehidupan universitas mereka nantinya.

Pengembangan Keterampilan Sosial Melalui Keterlibatan dalam Komunitas

Ketika siswa berada di sekitar komunitas yang setiap hari hidup bersama, ikatan dalam komunitas secara alami tumbuh. Ini tidak hanya membangun ikatan tetapi juga membawa siswa keluar dari zona nyaman mereka untuk mempelajari keterampilan baru, salah satunya adalah keterampilan dalam bersosialisasi. Ini juga merupakan kesempatan untuk membangun persahabatan yang bertahan lama.

Pelita Harapan HouseFoto: dok. Pelita Harapan House

Melatih Keahlian-keahlian Baru

Tinggal di asrama mengajarkan siswa hal-hal baru dan memberi siswa waktu yang lebih untuk mengeksplorasi keahlian atau keterampilan baru. Keterampilan hidup ini sangat penting untuk kehidupan setelah lulus dari sekolah dan dengan tinggal di asrama, anak dapat lebih cepat untuk belajar hal baru seperti memasak, membuat kue, berkebun, olahraga, dan masih banyak lagi keterampilan yang dapat dikembangkan.

Kepemimpinan dan Pendampingan

Di asrama, siswa dilatih untuk memimpin dan bahkan menjadi mentor bagi satu sama lain. Ini adalah komunitas dengan siswa dari kelompok usia yang berbeda dan semakin bertambah usia anak, semakin mereka menjadi lebih dewasa dan dapat menjadi mentor bagi yang lebih muda. Dengan begitu, kepribadian dan karakter seorang pemimpin pun mulai dikembangkan.

Pelita Harapan HouseFoto: dok. Pelita Harapan House

Sekolah Pelita Harapan (SPH) Sentul City menyediakan asrama sekolah untuk siswa yang disebut Pelita Harapan House (PHH).

Fasilitas berkualitas tinggi yang dimiliki PHH antara lain kamar tidur yang luas, ruang belajar dengan komputer, dapur, ruang cuci, dan lain-lainnya. Siswa juga mendapat manfaat lebih dari lingkungan sekolah yang terbuka dan asri di SPH Sentul City, sehingga mereka juga dapat menggunakan berbagai area outdoor untuk kebugaran pribadi dan menggunakan waktu luang untuk melakukan banyak aktivitas.

PHH dipimpin oleh tim kepemimpinan asrama yang suportif dan peduli kepada setiap siswa. Tim ini disebut sebagai Dorm Parents dan mereka bertanggung jawab atas semua penghuni asrama. Pengawas asrama ini berperan layaknya orang tua atau kakak kedua, dan mereka bertugas untuk memimpin dan membimbing komunitas asrama secara keseluruhan. Tim di asrama juga menjadi perpanjangan tangan untuk kehidupan siswa di sekolah, memastikan kebutuhan pribadi setiap siswa diperhatikan.

PHH bukan hanya asrama, ini adalah komunitas yang penuh dengan kehidupan, rumah yang jauh dari rumah. Cari tahu lebih lanjut tentang PHH dengan menghadiri Open Day-nya di tanggal 14 Oktober, daftar sekarang di sph.edu/phh.

Simak Video "Pasang Iklan Murah dan Mudah? Adsmart by detiknetwork Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(Content Promotion/Pelita Harapan House)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia