Beragam Manfaat Air Bagi Manusia, Tumbuhan, dan Hewan

Olivia Sabat - detikEdu
Senin, 20 Des 2021 14:15 WIB
air cucian
Air punya manfaat tak tergantikan bagi makhluk hidup (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Manfaat air bisa kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan hampir seluruh kegiatan makhluk hidup sangat bergantung pada air untuk memenuhi keutuhan hidupnya.

Berdasarkan pengertiannya, air adalah cairan jernih yang tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau. Air terdiri dari dua unsur, yakni unsur oksigen dan hidrogen yang kemudian disimbolkan dengan H2O.

Namun, tahukah kamu, bahwa manfaat air bersih yang biasa kita rasakan sebagian besar berasal dari perairan darat, termasuk air tanah, lho. Berikut ini penjabaran manfaat air bagi manusia, tumbuhan, dan hewan.

Manfaat Air bagi Manusia

Mengutip 'Modul Geografi Kemdikbud: Udara dan Air Sumber Kehidupan', air memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Selain untuk pemenuhan kebutuhan makan dan minum, manfaat air juga bisa dirasakan dalam pemenuhan kebutuhan rumah tangga hingga industri.

Manfaat air bagi manusia, yakni:

  1. Sebagai sarana irigasi atau pengairan untuk lahan pertanian.
  2. Sumber pembangkit tenaga listrik (PLTA).
  3. Sebagai sumber penghasilan makanan, yaitu sebagai tempat budi daya ikan air tawar.
  4. Sebagai sarana transportasi yang murah, yaitu sara perahu dan kapal feri.
  5. Memenuhi kebutuhan domestik bagi masyarakat, seperti untuk mencuci, mandi, masak, serta berbagai kebutuhan keluarga.
  6. Pemenuhan kebutuhan industri sebagai sumber air untuk pabrik.
  7. Sebagai sarana rekreasi dan olah raga.

Manfaat Air bagi Tumbuhan

Perlu diketahui bahwa tiga perempat tubuh tumbuhan tersusun atas air. Maka dari itu, tumbuhan memerlukan sumber air untuk tetap tumbuh dan berkembang.

Dilansir dari buku 'Menyelidiki Air dan Manfaatnya' karya Kemala Dewi, manfaat air bagi tumbuhan yakni peran pentingnya dalam proses pembuatan makanan sendiri atau yang disebut dengan fotosintesis. Pada proses ini, air akan diserap akar melalui tanah dengan membawa unsur hara dan mineral dari tanah.

Kemudian, air akan dialirkan ke batang sampai daun. Ketika sudah mencapai rongga daun, air akan menjadi membantu proses fotosintesis dan menguap menjadi uap air.

Tidak hanya membantu proses fotosintesis, air juga bermanfaat untuk mendorong proses respirasi.

Manfaat Air bagi Hewan

Selain manusia dan tumbuhan, hewan juga menggantungkan hidupnya pada air. Sama seperti makhluk hidup lainnya, manfaat air yang utama bagi hewan adalah sebagai pemenuhan kebutuhan makan dan minum.

Tidak hanya itu, air bahkan juga bermanfaat sebagai habitat hidup bagi beberapa hewan, seperti ikan, udang, kepiting dan lainnya. Selain itu, air juga bermanfaat untuk mengatur tekanan darah pada dan menjaga suhu tubuh hewan.

Nah, itu dia detikers manfaat air yang bisa kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Memiliki banyak manfaat dan berperan penting dalam kehidupan, kita harus menjaga kebersihan sumber air kita, nih!



Simak Video "Ilmuwan Akhirnya Selesai Menguraikan Seluruh Genom Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia