8 Jejak Rumah Tertua di Dunia, Ada Bukti Peradaban 8500 Sebelum Masehi

Trisna Wulandari - detikEdu
Sabtu, 18 Des 2021 09:00 WIB
Rumah Jarlshof di Kepulauan Inggris dari Zaman Perunggu.
Rumah Jarlshof, rumah tertua dari Zaman Perunggu di Kepulauan Inggris. Foto: Wikimedia Commons
Jakarta -

Manusia purba hunter-gatherer atau pemburu-pengumpul makanan dikenal hidup berpindah-pindah untuk mencukupi bahan makanan. Tempat istirahat dan berlindung sementara dibuat saat mereka hidup nomaden. Namun, arkeolog dan peneliti mendapati sejumlah rumah tertua di dunia dan reruntuhannya dari sekitar 10.000 tahun lalu sudah dihuni sebagai rumah permanen.

Dikutip dari Oldest, jejak rumah dari Zaman Mesolitikum hingga milenium pertama di berbagai negara menjadi bukti dan memberi petunjuk bagaimana manusia purba hingga manusia modern hidup dan tinggal di rumah. Seperti apa jejak rumah tertua di dunia?

Jejak Rumah Tertua di Dunia

Rumah Star Carr

Jejak rumah Star Carr dari zaman Mesolitikum.Jejak rumah Star Carr, rumah tertua dari zaman Mesolitikum. Sisa rumah ditemukan bersama tulang-tulang hewan sisa makanan manusia purba. Foto: Star Carr Project

Reruntuhan rumah di situs Star Carr di Scarborough, North Yorkshire, United Kingdom merupakan jejak kehidupan manusia hunter-gatherer atau pemburu-pengumpul makanan sekitar tahun 8500 SM di wilayah Kepulauan Inggris kini. Peneliti mendapati, pulau-pulau di Inggris saat itu masih menyatu dengan daratan Eropa.

Tim arkeologi dari kampus-kampus Manchester dan York, UK, mendapati perkakas kayu yang diyakini sebagai contoh hasil perkayuan tertua di Eropa. Dari temuan penanggalan karbon dan temuan arkeologi, peneliti menyakini reruntuhan rumah Star Carr sebagai rumah tertua di dunia.

Rumah Howick

Jejak rumah Howick yang berbentuk pondok kayu kerucut. Pondasinya berbentuk bulat.Jejak rumah Howick yang berbentuk pondok kayu kerucut. Pondasinya berbentuk bulat. Foto: Archaelogical Research Services 2018

Rumah Howick di Howick, Northumberland, Inggris merupakan rumah yang berdiri di Zaman Mesolitikum sekitar tahun 7800 SM. Para arkeolog meyakini banyaknya sumber makanan di sekitar pondok membuat manusia pemburu-pengumpul makanan bisa bertahan tinggal di pondok tersebut hingga satu tahun.

Di samping reruntuhan rumah berbentuk pondok tersebut, peneliti juga mendapati pekuburan purbakala yang berisi lima kuburan dari Zaman Perunggu.

Rumah Khirokitia

Rumah Khirokitia, rumah tertua dari Zaman Neolitikum di Cyprus, Yunani.Rumah Khirokitia, rumah tertua dari Zaman Neolitikum di Cyprus, Yunani. Foto: Christopher Rose

Rumah Khirokitia merupakan reruntuhan rumah berbentuk lingkaran dari sekitar tahun 7000 SM di Pulau Cyprus, Yunani. Rumah dari Zaman Neolitikum ini dibangun dari bata lumpur dan batu dengan atap datar. Arkeolog saat ini sudah menemukan sekitar 20 rumah Khirokitia di Cyprus.

Sisa perapian, wadah sereal, peralatan rumah tangga dan pertanian juga ditemukan di dalam dan dekat salah satu rumah tertua di dunia ini. Sejumlah arkeolog menyediakan replika lima rumah dan bagian tembok pertahanan penduduk saat itu sebagai media edukasi pengunjung.

Selanjutnya, Knap of Howar di Skotlandia >>>



Simak Video "Menengok Masjid Tertua di Bali Milik Warga Kampung Bugis"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia