5 Penemu Wanita Berpengaruh di Dunia, Jasanya Selamatkan Banyak Nyawa

Kristina - detikEdu
Minggu, 05 Des 2021 16:00 WIB
Maria Beasley, penemu wanita berpengaruh di dunia.
Maria Beasley. Foto: St Mary's College
Jakarta -

Mayoritas penemuan berpengaruh di dunia diciptakan oleh laki-laki. Namun, lima wanita ini menghasilkan temuan tak kalah penting dalam kehidupan modern.

Beberapa contoh penemuan yang diciptakan wanita seperti algoritma komputer, mesin pencuci piring, tangga darurat, kantong kertas, dan wiper kaca. Mereka juga menghasilkan temuan yang berjasa dalam penyelamatan banyak nyawa seperti temuan rakit penyelamat hingga rompi anti peluru.

5 Penemu Wanita yang Berpengaruh di Dunia

Dilansir dari Discover Magazine, Minggu (5/12/2021), berikut lima penemu wanita yang berpengaruh di dunia:

1. Patricia Bath

Patricia Bath (1942-2019), adalah seorang dokter mata dan ilmuwan laser yang menjadi "yang pertama" dalam banyak pencapaian, mendobrak batasan ras dan gender. Ia berhasil merevolusi oftalmologi ketika dia menemukan perangkat yang dapat menyempurnakan katarak laser.

Bath yang juga ahli bedah wanita kulit hitam pertama di Universitas California Los Angeles (UCLA) ini ikut mendirikan Institut Amerika untuk Pencegahan Kebutaan pada tahun 1976. Pekerjaannya dengan katarak membuatnya mengembangkan metode dan perangkat untuk menghilangkan katarak, Laserphaco Probe.

Butuh waktu hampir lima tahun untuk membuat temuannya siap dioperasionalkan dan dipatenkan. Dengan perangkatnya temuannya tersebut, Bath memulihkan penglihatan beberapa orang yang telah buta selama beberapa dekade. Saat ini, Laserphaco Probe digunakan di seluruh dunia.

2. Maria Beasley

Maria Beasley (1847-1904) merupakan wanita penemu rakit penyelamat yang ia sebut life raft. Temuan Beasley berjasa pada penyelamatan tragedi tenggelamnya kapal Titanic dan bencana kapal selama bertahun-tahun lainnya.

Desain rakit penolong buatan Beasley kedap udara dan dapat dengan mudah diturunkan ke dalam air tanpa merusak perahu, tahan api, dan terdapat pagar pengaman. Sebelum adanya temuan ini, rakit penyelamat terbuat dari papan kayu datar yang sulit disimpan.

Beasley memperoleh 15 paten berdasarkan pengetahuan tekniknya pada akhir 1870-an dan akhir 1890-an. Penemuannya yang lain seputar generator uap dan perangkat anti-penggelinciran untuk kereta api, hingga perangkat yang menghasilkan peningkatan efisiensi dan kecepatan dalam pembuatan barel.

3. Melitta Bentz

Melitta Bentz (1873-1950) menjadi wanita yang berjasa dalam revolusi industri kopi, khususnya dalam pembuatan filter. Temuannya berawal dari kesehariannya sebagai ibu rumah tangga di Jerman yang harus membersihkan sisa kopi dan panci yang kekuningan. Ini terjadi di awal tahun 1900-an.

Bentz mengimprovisasi filter dari kertas buku catatan putranya. Dengan menggunakan paku, dia membuat lubang di dasar panci kuningan dan melapisinya dengan kertas. Dia memasukkan bubuk kopi ke dalam panci, meletakkan cangkir di bawahnya dan menuangkan air mendidih di atasnya. Hal ini menyebabkan revolusi dalam industri kopi, dengan pembuatan filter yang murah dan sekali pakai.

4. Marion Donovan

Pada tahun 1955, hampir semua bayi Amerika menggunakan popok kain. Saat ini, sekitar 95 persen bayi Amerika memakai popok sekali pakai. Perubahan ini tak lepas dari jasa Marion Donavan (1917-1998).

Ide tersebut berawal dari ketidakpuasannya dalam penggunaan popok kain. Menurutnya, popok kain tidak efektif dan celana karet yang dipakai bayi dapat menyebabkan ruam. Dia kemudian menjahit menjahit potongan tirai shower menjadi penutup popok dan menggunakan peniti untuk menahannya. Temuan Donavan kemudian berkembang menjadi penutup popok yang terbuat dari kain parasut.

5. Stephanie Kwolek

Ilmuwan wanita inovatif, Stephanie Kwolek, menjadi sosok yang berjasa dalam berbagai industri dengan penemuan Kevlar-nya. Kevlar merupakan serat sintetis yang lebih kuat dari baja tetapi ringan.

Kevlar dipintal dengan sangat kuat sehingga dapat menyerap dan mengurangi energi proyektil. Ini juga tahan panas dan tusukan. Kevlar yang paling terkenal adalah rompi anti peluru dan pelindung tubuh. Selain itu, penemuan ini digunakan dalam industri penerbangan, otomotif, dan pertambangan.



Simak Video "Eksperimen NASA Bercocok Tanam Pakai Tanah dari Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia