9 Penemuan Hebat yang Diciptakan Perempuan, Ada Monopoli sampai Software

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 26 Nov 2021 21:06 WIB
Permainan monopoli
Foto: Istimewa
Jakarta - Membicarakan tentang penemuan, pada umumnya orang lebih mengenali para penemu laki-laki seperti Thomas Edison, Edward jenner, Alexander Graham Bell, dan sebagainya.

Padahal, banyak juga para perempuan di dunia ini yang inovasinya digunakan hingga era modern. Beberapa inovasinya ada di bidang informasi teknologi hingga antariksa.

Melansir BBC, ini dia sejumlah penemuan oleh perempuan yang berdampak besar bagi dunia. Cek siapa saja mereka!

9 Penemuan yang Tanpa Disadari Diciptakan Perempuan

1. Olga D. Gonzalez-Sanabria, Baterai Stasiun Antariksa

Olga D. Gonzales-Sanabria adalah sosok yang berasal dari Puerto Rico. Pada tahun 1980-an, dirinya mengembangkan teknologi untuk menciptakan nikel-hidrogen siklus panjang. Baterai tersebut mempunyai fungsi penting untuk memasok daya stasiun luar angkasa.

2. Ann Tsukamoto, Isolasi Sel Induk

Ann Tsukamoto mempunyai kontribusi penting terhadap pemahaman sistem darah pasien kanker. Dia menemukan isolasi sel induk dan hak patennya diberikan pada tahun 1991. Pemahaman terhadap sistem darah pasien kanker membantu penyembuhan pasien kanker.

3. Elizabeth Magie, Permainan Monopoli

Laki-laki bernama Charles Darrow kerap kali dianggap sebagai pencipta permainan populer monopoli. Padahal, peraturan dalam permainan tersebut sebetulnya diciptakan oleh Elizabeth Magie.

Magie ingin menunjukkan permasalahan dalam kapitalisme melalui permainan di mana pemainnya melakukan barter uang dan properti palsu. Inovasinya ini dipatenkan pada 1904 dan sebelumnya disebut dengan The Landlord's Game.

Sementara, permainan monopoli yang kita kenal sekarang ini dirilis oleh Parker Bersaudara pada 1935. Parker Bersaudara juga menyadari bahwa Darrow bukan lah satu-satunya pencipta permainan ini. Sehingga, mereka juga membeli hak paten dari Magie.

4. Marie Van Brittan Brown, Sistem Pengamanan Rumah

Marie van Brittan Brown adalah seorang perawat yang sering berada di rumah sendirian. Agar dirinya merasa lebih aman, maka Van Brittan Brown membuat ide untuk mengembangkan sistem pengamanan rumah yang pertama kalinya di dunia.

Dia melakukan hal ini dengan suaminya, Albert, sebagai respons atas naiknya kejahatan dan kelambanan tindakan polisi di tahun 1960.

Alat pengamanan rumah yang mereka ciptakan itu terbilang rumit, dilengkapi dengan kamera yang bergerak ke atas dan ke bawah pintu dan memonitor melalui lubang kecil. Monitor yang ada di kamar Van Brittan Brown juga dilengkapi dengan alarm.

5. Josephine Cochrane, Pencuci Piring

Seorang entertainer bernama Cochrane suatu saat menginginkan mesin pencuci piring yang bisa lebih cepat ketimbang asisten rumah tangganya dan lebih aman dari risiko pecah. Mesin ciptaannya ini memiliki mesin yang memutar roda dalam ketel tembaga.

Penemuannya ini adakah mesin pencuci piring otomatis yang memanfaatkan tekanan air. Cochrane kemudian mematenkan ciptaannya pada 1886 dan membuka pabriknya sendiri.

6. Mary Anderson, Wiper Kaca Mobil

Pada suatu musim dingin di tahun 1903 dalam perjalanannya ke New York, Mary Anderson menyadari bahwa sopirnya harus membuka paksa kaca mobil untuk membersihkan salju. Namun, tiap kali kaca jendela terbuka, udara dalam mobil terasa lebih dingin.

Akhirnya, Anderson mulai membuat wiper berbahan karet yang dapat digerakkan dari dalam mobil. Di tahun 1903, Anderson mendapatkan hak paten atas ciptaannya ini.

Sayangnya, perusahaan mobil meyakini penemuannya ini dapat mengganggu perhatian pengemudi. Dia juga tidak pernah mendapat keuntungan atas penemuannya ini, bahkan saat wiper menjadi standar dalam pembuatan mobil.

7. Shirley Ann Jackson, ID Penelepon dan Panggilan Tunggu

Shirley Ann Jackson merupakan fisikawan teoretis yang menemukan ID penelepon dan panggilan tunggu berkat penelitiannya sejak 1970-an. Penemuan Ann Jackson ini juga membuat penemu lain dapat menciptakan mesin faks portabel, sel surya, dan kabel serat optik.

8. Stephanie Kwolek, Kevlar

Kwolek adalah penemu serat ringan yang dipakai dalam rompi antipeluru dan pelindung tubuh. Dia menciptakan serat ringan ini pada 1965 dan bahan tersebut lima kali lebih kuat dari baja. Bahan tersebut juga dapat ditemukan dalam berbagai benda seperti ponsel, serat tangan rumah tangga, pesawat terbang, hingga jembatan gantung.

9. Grace Hopper, Software Komputer

Pasca bergabung dengan Angkatan Laut Amerika Serikat selama Perang DUnia II, Grace Hopper diberi tanggung jawab mengerjakan komputer baru bernama Mark 1. Tak lama kemudian, di tahun 1950-an dia menjadi salah satu orang yang berada di jajaran terdepan pemrograman komputer.

Hopper adalah sosok di balik kompiler yang berfungsi menerjemahkan instruksi menjadi kode yang terbaca komputer. Penemuannya ini pada akhirnya membuat pemrograman berlangsung lebih cepat dan merevolusi sistem kerja komputer.

Perempuan ini juga merupakan orang yang mempopulerkan istilah de-bugging. Tokoh yang dijuluki sebagai 'Amazing Grace' ini terus bekerja dalam bidang komputer hingga dirinya pensiun dari angkatan laut pada usia 79 tahun.

Inilah deretan penemuan yang jarang disadari ternyat diciptakan olwh perempuan. Penemuan siapa yang sering kalian gunakan, detikes?

Simak Video "Studi Covid-19 Berlangsung di China, WHO Minta Hasil Transparan "
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia