Belajar dari Pakar

Bosque, Ini 2 Cara Mudah Belajar Matematika

Dhika Widayat - detikEdu
Rabu, 01 Des 2021 08:30 WIB
Dhika Widayat
Dhika Widayat
Dhika Widayat adalah founder dari akun instagram ngajimatematika. Akun yang membahas matematika dari sisi yang jarang dibahas. Dhika Widayat juga seorang penggemar berat matematika sejak SD.
Newtons Equations. Rear view, close-up on young man standing back against green chalkboard. He explains, solves physics tasks, retro style. Processing for retro bleached look, slight vignette added.
Foto: Getty Images/iStock
Jakarta -

Masih banyak yang merasakan bahwa matematika adalah sesuatu yang sulit untuk dipelajari. Katanya matematika itu singkatan dari makin tekun makin tidak karuan.

Akhirnya banyak yang mencoba mencari tahu gimana sih cara yang gampang belajar matematika? Oh iya, saya pribadi tidak setuju kalau matematika itu mudah.

Faktanya memang ada matematika yang sulit juga. Namun, yang menjadi masalah adalah bagaimana mempelajari sesuatu yang sulit tersebut.

Sesuatu yang sulit akan menjadi mudah jika dipahami dengan baik. Sulit akan menjadi mudah, jika kita mau belajar.

Belajar memang butuh waktu. Tidak ada ahli yang tiba-tiba menjadi ahli, semua ada prosesnya.

Setidaknya berdasarkan pengalaman saya pribadi, ada dua cara yang mudah untuk dilakukan dalam belajar matematika. Cara ini mudah dilakukan tapi memang butuh waktu untuk merasakan hasilnya.

Setiap orang mungkin punya cara yang berbeda, tapi siapa tahu cara saya ini bisa cocok dengan teman-teman. Pertama, pahami konsepnya.

Mungkin ini agak terlalu umum tentang memahami konsep. Maksud dari pahami konsepnya adalah kita tahu maksud dari sesuatu yang dipelajari.

Misalkan kita mempelajari tentang logaritma. Memahami konsep bukan sekadar mengetahui atau menghafal rumus atau sifat tentang logaritma.

Paham konsep yang dimaksud adalah sampai kita paham logaritma ternyata adalah kebalikan dari pangkat. Mengerti hubungan antara bilangan berpangkat dengan logaritma.

Kedua, perbanyak latihan soal. Jangan sampai salah dalam belajar matematika. Kita sering belajar matematika dengan tujuan agar bisa mengerjakan soal.

Justru sebaliknya, mengerjakan soal adalah cara kita memahami konsep bukan tujuan. Latihan soal ini sebagai studi kasus dalam belajar.

Semakin sering kita latihan soal yang bervariasi akan membuat kita lebih bisa memahami konsep yang sedang dipelajari.

Itulah dua cara mudah belajar matematika yang selalu saya lakukan sejak SD. Oh iya satu lagi, jangan belajar matematika langsung dengan cara cepat. Sebab itu bukan cara yang benar. Cara cepat harusnya bukan dipelajari, tapi ditemukan.



Simak Video "Waspada Omicron, Epidemiolog Imbau Anak Sekolah di Rumah hingga Maret"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia