Belajar dari Pakar

Tentang Newton dan Kalkulus

Dhika Widayat - detikEdu
Rabu, 24 Nov 2021 08:00 WIB
Dhika Widayat
Dhika Widayat
Dhika Widayat adalah founder dari akun instagram ngajimatematika. Akun yang membahas matematika dari sisi yang jarang dibahas. Dhika Widayat juga seorang penggemar berat matematika sejak SD.
Ilustrasi Hukum Newton
Foto: ILustrasi Mindra P/detikcom
Jakarta -

Siapa yang nggak tahu Isaac Newton? Hampir semua dari kita tahu beliau. Seseorang yang hebat ini terkenal dengan kisah apelnya.

Konon saat beliau duduk di bawah pohon apel, ada apel jatuh mengenai kepalanya. Sumber lain mengisahkan bahwa Newton melihat apel jatuh dari jendela kamarnya.

Isaac Newton merupakan fisikawan. Dia menemukan teori tentang gravitasi. Kita mengenalnya dengan Hukum Gravitasi Universal.

Hukum ini ternyata mengungkap kehebatan alam semesta yang sangat luar biasa. Berawal dari gravitasi yang berupa gaya tarik-menarik apel dengan bumi, ternyata Hukum Gravitasi Universal juga ada di jagat raya.

Kepler baru menemukan bahwa orbit bumi mengelilingi matahari berbentuk elips. Namun perhitungan gaya tarik-menarik bumi dan matahari ditemukan oleh Newton. Ya, Hukum Gravitasi Universal.

Bahkan pada atom yang sangat kecil, gaya tarik-menarik antara electron dengan inti atom juga dapat dihitung dengan Hukum Gravitasi Universal. Penemuan Newton yang sangat luar biasa.

Lebih keren lagi sebagai fisikawan, Newton tidak hanya menemukan teori-teori fisika. Dia juga membuat alat untuk menghitungnya. Bahkan perhitungan untuk sesuatu yang dahulu dianggap tidak mungkin untuk dihitung.

Namanya adalah kalkulus. Sebuah penemuan yang sangat luar biasa. Hampir semua teori fisika menggunakan kalkulus sampai sekarang.

Bahkan kalkulus ini dipakai di fisika pergerakan, fisika kuantum, sampai fisika nuklir. Kalkulus adalah ilmu yang mempelajari tentang perubahan.

Dalam kalkulus kita tidak sekadar bisa menghitung perubahan dalam sekian waktu lamanya, namun bisa menghitung perubahan pada suatu detik tertentu. Bahkan dengan kalkulus kita bisa menentukan waktu kematian seseorang.

Jadi, Newton tidak hanya menciptakan teori saja. Dia juga menciptakan alatnya yaitu kalkulus. Di masa depan, kalkulus ini sangat diperlukan untuk mengembangkan berbagai teori.



Simak Video "Pria Palestina Pamer Seni Keseimbangan Menumpuk Benda"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia