Belajar dari Pakar

Belut Listrik Kebal dari Setruman Listrik? Ternyata Enggak!

Dixon Thomas - detikEdu
Kamis, 25 Nov 2021 08:00 WIB
Dixon Thomas
Dixon Thomas
Dixon Thomas pendiri akun Physible, seorang lulusan fisika yang cukup berbahagia. Physibles adalah akun edukasi populer yang mempunyai misi untuk mengobati alergi orang – orang terhadap fisika.
Belut Listrik Terkuat
Belut listrik Foto: (CNN)
Jakarta -

Kalau ditanya tentang hewan yang tahan sama setruman listrik, saya yakin yang teman-teman detikers pikirin pasti belut listrik! Ya kan?

Logis sih karena belut listrik ini kan hewan yang senjata utamanya listrik dan waktu nyetrum mangsanya, dia keliatan enggak ngerasain apa-apa sama sekali. Enjoy-enjoy aja.

Namun sebenarnya, hewan ini enggak kebal sama setruman listrik, bahkan setruman listriknya sendiri! Enggak percaya?

Ada seorang ahli ilmu hewan bernama Jason Gallant. Dia ini pernah dengar kesaksian orang kalau ada belut listrik yang kejang-kejang sendiri waktu dikeluarin dari air.

Artinya apa nih? Artinya, si belut ini juga bisa kesetrum sama sengatan listriknya sendiri! Enggak nyangka kan? Tapi kenapa ya waktu nyetrumin musuh-musuhnya di air, dia keliatan aman - aman aja?

Ada dua alasan nih. Pertama, ini karena organ-organ penyetrumnya si belut itu ada di bagian belakang badannya sedangkan organ-organ pentingnya kayak jantung, otak, dll itu ada di bagian depan.

Jadi, waktu si belut merasa terancam, organ penyetrum di belakang ini bakalan menghasilkan beda tegangan listrik di sana sehingga listrik bisa mengalir ke badan musuhnya dan nyetrum!

Nah, karena setrumannya terjadi di deket organ penyetrum tadi, setruman ini cuma dirasakan si belut di bagian belakangnya aja, organ - organ pentingnya mah adem ayem aja di bagian depan. Makanya keliatan kuat tuh dia.

Tapi enggak cuma itu, ini juga terjadi karena dia kebetulan hidup di air. Gitu doang? Kenapa? Karena air tempat dia hidup itu mudah banget buat ngalirin listrik.

Kemudian muatan listrik itu lebih suka ngalir di tempat yang mudah dilewatin atau hambatan listriknya kecil.

Nah, karena hambatan listrik air lebih kecil dari badan si belut, sebagian besar muatan listrik tadi jadi ngalir lewat air dan cuma sebagian kecil aja yang lewatin badannya dia. Aman deh.

Makanya waktu dia diangkat dari air ke tempat yang kering, dia justru kejang-kejang sendiri! Kenapa? Karena muatan listriknya enggak bisa lewat udara!

Jadinya semua muatan listrik ini bakalan ngalir lewat badannya sendiri. Kesetrum sendiri deh dia!



Simak Video "Dulu Laris Manis Bak Kacang Goreng, Skuter Listrik Ola Kini Diprotes"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia