Bukan Menyimpan Air, Ternyata Ini Isi Punuk Unta yang Sebenarnya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 01 Des 2021 08:00 WIB
Illustration on the theme of desert animals.
Foto: Thinkstock/SIYAMA9
Jakarta - Banyak yang mengira kemampuan unta bertahan hidup di habitat gurun karena penyimpanan air di punuknya. Padahal punuk unta tidak berisi air.


Dilansir dari Britannica, kemampuan unta untuk pergi berminggu-minggu tanpa perlu minum air membuat mereka dijuluki "kapal gurun." Mereka menjadi hewan angkut bagi orang-orang yang bepergian melintasi lingkungan gersang.


Bukan Menyimpan Air Tapi Lemak


Dengan punuknya yang menonjol (satu atau dua punuk, tergantung pada spesiesnya), banyak membuat orang percaya bahwa ini digunakan untuk menyimpan air.


Namun, isi punuk unta sebenarnya adalah jaringan lemak yang digunakan sebagai sumber makanan saat makanan langka.


Jika biasanya hewan mamalia lain menyebarkan lemak merata ke seluruh tubuh, maka unta menyimpan lemak di punuk. Hal ini dikarenakan habitat unta hidup di gurun, di mana sumber makanan sulit didapat.


Membantu Mengatur Suhu Tubuh


Ketika unta tidak dapat mengakses makanan untuk waktu yang lama, tubuhnya mampu memetabolisme lemak di punuk untuk nutrisi.


Punuk dapat mengempis dan terkulai jika unta telah lama tidak makan, tetapi mereka akan duduk tegak kembali setelah unta dapat mengisi bahan bakar.


Tidak hanya menyimpan lemak, punuk unta juga membantu hewan mengatur suhu tubuhnya. Tentu kemampuan ini sangat penting di lingkungan padang pasir, di mana suhu bisa sangat tinggi di siang hari dan turun drastis di malam hari.


Dengan memusatkan jaringan lemak di punuk di punggungnya, unta mampu meminimalkan insulasi panas di seluruh bagian tubuhnya pada siang hari ketika suhu tinggi, dan suhu tubuh meningkat.


Kemudian, pada malam hari, panas ekstra tersebut menghilang ke seluruh tubuh unta sehingga suhu tubuhnya tidak terlalu rendah ketika suhu lebih dingin.


Bentuk Unik Sel Darah


Meskipun punuknya tidak menyimpan air, unta mampu menggunakan jumlah air dengan sangat efisien. Bahkan mereka bisa bertahan hampir seminggu tanpa minum.


Hal ini sebagian karena bentuk unik dari sel darah mereka, yaitu oval. Sel darah berbentuk oval memungkinkan unta untuk mengkonsumsi air dalam jumlah besar (hingga 30 galon dalam sekali duduk) karena selnya lebih elastis dan dapat berubah bentuk dengan lebih mudah.


Bentuk ini juga memungkinkan darah mereka mengalir lebih mudah ketika air langka, yang biasa terjadi di gurun.


Oleh karena itu, punuk unta sangat penting bagi kelangsungan hidup hewan di lingkungan yang keras seperti gurun.


Tanpa punuknya, unta akan lebih cenderung kepanasan dan berkeringat. Namun, yang paling membantu adalah sel darah berbentuk oval yang mampu menahan begitu banyak air.


Jadi, sekarang sudah tahu kan kalau punuk unta tidaklah berisi air melainkan lemak cadangan makanan.

Simak Video "Ada Tradisi Gulat Unta di Turki"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia