Bagaimana Meningkat Minat Anak pada Pelajaran yang Sulit? Ini 7 Tipsnya

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 23 Nov 2021 14:15 WIB
Getting help with my tasks. Little girl working her homework with mother. Focus is on foreground.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Liderina
Jakarta - Setiap anak tentu memiliki mata pelajaran yang lebih disukai maupun kurang diminati dan hal tersebut merupakan hal yang wajar. Kebanyakan, alasan mengapa anak kurang menyukai pelajaran tersebut karena sulit dipahami.

Walaupun begitu, orang tua tak perlu khawatir karena ada beberapa tips yang bisa dicontoh guna meningkatkan minat anak pada pelajaran yang sulit dipahami. Berikut tips yang dikutip dari BPK Penabur.

Meningkatkan Minat Anak pada Pelajaran yang Sulit

1. Menghubungkan Mata Pelajaran dengan Kehidupan Sehari-hari

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah menghubungkan mata pelajaran tersebut dengan kehidupan sehari-hari. Anak akan mendapatkan lebih banyak pemahaman dari penjelasan yang diberikan oleh orang tua.

Misalnya untuk pelajaran berhitung, orang tua dapat mengajak anak ke supermarket dan meminta mengambil beberapa barang dan menjumlahkannya.

2. Membuat Kegiatan yang Menyenangkan

Orang tua dapat membuat kegiatan yang menyenangkan dari mata pelajaran yang sulit. Hal ini dapat dilakukan dengan mencoba kegiatan yang menyenangkan. Misalnya, dengan membuat kompetisi atau permainan yang dapat membuat mata pelajaran tersebut menjadi menarik dan menghibur.

3. Hubungkan Mata Pelajaran Tersebut dengan Masa Depan

Orang tua dapat mengajarkan jika mata pelajaran tersebut dapat berguna di masa depan. Misalnya, orang tua mengingatkan anak jika memiliki pengetahuan luas mengenai sebuah mata pelajaran, dapat membantu anak meraih cita-citanya.

4. Menceritakan Pengalaman Pribadi sebagai Orang Tua

Orang tua dapat menceritakan pengalaman pribadi mereka saat menghadapi mata pelajaran yang sulit. Hal tersebut dilakukan agar minat anak pada mata pelajaran tersebut meningkat. Ceritakan bagaimana mengatasi mata pelajaran yang sulit tersebut.

5. Berikan Semangat dan Motivasi

Memberikan semangat dan motivasi kepada anak merupakan hal penting yang harus dilakukan. Berikanlah kalimat-kalimat positif dan memotivasi anak. Lakukan langkah-langkah tersebut agar anak mampu untuk memahami mata pelajaran yang sulit tersebut.

6. Jangan Jadikan Ujian sebagai Tujuan Akhir

Ketika Anda mengajarkan mata pelajaran yang sulit, jangan memberitahu anak tersebut tentang ujian. Mulailah dengan menjelaskan tujuan, manfaat, atau aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Membicarakan ujian sebaiknya dibicarakan pada tahap akhir dan akan mengurangi kecemasan anak.

7. Mengubah Lingkungan Belajar

Ubahlah lingkungan belajar anak dengan lingkungan baru. Dengan memiliki suasana yang baru, anak akan sangat antusias untuk belajar dan menjelajahi topik-topik yang sulit. Contohnya, orang tua dapat membawa anak belajar di taman, dengan pengalaman belajar yang menarik dan menyenangkan akan membuat anak lebih bersemangat belajar.

Demikianlah tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat anak pada mata pelajaran yang sulit. Jangan lupa dipraktikkan, ya!



Simak Video "Keren! Ini Wujud Bus Sekolah Baru Buat Pelajar di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia