Hanya Dilakukan Anjing Jenius, Ini Alasan Kepala Dimiringkan

Kristina - detikEdu
Selasa, 23 Nov 2021 13:00 WIB
White dog with black eye spot laying with black and white pumpkin on chair inside
Foto: Getty Images/iStockphoto/Anna Zisk
Jakarta - Sebuah studi terbaru berhasil menemukan apa yang terjadi di dalam pikiran seekor anjing ketika mereka memiringkan kepalanya. Ternyata, kebiasaan ini hanya dilakukan oleh anjing jenius.

Anjing jenius umumnya dapat mempelajari lebih dari 100 nama mainan. Anjing yang belajar banyak instruksi ini sering memiringkan kepala mereka ketika mendengar pemiliknya berbicara.

Penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Animal Cognition, menunjukkan bahwa anjing memiringkan kepalanya ketika mereka memproses sesuatu yang berarti, atau ketika mereka berharap untuk diberitahu sesuatu yang penting.

"Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa memiringkan kepala bisa menjadi masalah yang berhubungan dengan kesehatan," kata Dr Andrea Sommese, penulis utama studi baru dan peneliti di Eötvös Loránd University, dilansir dari BBC Science Focus, Selasa (23/11/2021).

"Tapi sepertinya tidak, karena kami melihat anjing melakukannya secara acak dan saya yakin Anda pernah melihat anjing memiringkan kepalanya, itu perilaku yang sangat umum!" lanjutnya.

Sommese dan para peneliti lainnya kemudian mempelajari perilaku anjing untuk memahami alasan mereka memiringkan kepala. Penelitian ini melibatkan 40 anjing dan pemiliknya untuk menjalani pelatihan selama tiga bulan dan melihat apakah anjing-anjing itu dapat mempelajari nama-nama mainannya.

Setelah pelatihan intensif selama tiga bulan dilakukan, para peneliti melihat 33 anjing tidak dapat mempelajari perbedaan antara kedua mainan yang diberikan. Mereka kemudian menyebutnya sebagai anjing 'tipikal'.

"Tapi anjing-anjing lain, selama ini, mereka tidak hanya belajar dua mainan, mereka belajar 10, 20, 30. Anjing kami yang disebut terbaik tahu nama 160 mainan atau sesuatu, ucap Sommese.

Namun, para peneliti mengatakan bahwa hal tersebut bukan berarti anjing yang tidak bisa belajar nama mainan adalah anjing yang tidak pintar, mereka bisa saja pintar dalam hal lain, seperti halnya bakat yang dimiliki manusia.

Setelah percobaan dilakukan, para peneliti menemukan bahwa anjing-anjing berbakat akan memiringkan kepala mereka hampir setiap kali pemiliknya meminta mereka untuk mengambil mainan tertentu. Anjing-anjing jenius tersebut seolah berkata 'oke, sekarang saya fokus, saya berkonsentrasi pada tugas'.

Tim peneliti awal mengira hal tersebut berhubungan dengan pendengaran anjing, seperti halnya manusia yang mungkin akan memutar kepala ke arah lawan bicara untuk dapat mendengar lebih baik. Tetapi mereka segera menyadari bahwa anjing-anjing itu menunjukkan preferensi ke sisi mana kepala mereka dimiringkan, terlepas dari posisi pemiliknya.

"Bukannya anjing biasa tidak memiringkan kepala mereka," jelas Sommese. "Saya mengamati perilaku ini dengan anjing saya sendiri. Hanya saja kita tidak tahu apa yang berarti bagi mereka dan mengapa," ucapnya.

Para peneliti menyimpulkan, kelompok anjing jenius memberikan kesempatan unik untuk belajar. Meskipun para peneliti tahu anjing memproses bahasa dengan cara yang mirip dengan manusia, namun tidak diketahui secara pasti arti bahasa yang digunakan oleh para anjing.

Simak Video "Polisi Selamatkan 53 Anjing di Sukoharjo yang Akan Dijual Buat Dikonsumsi"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia