Suka Baca Komik? Ini 5 Elemen yang Kudu Diketahui

Olivia Saba - detikEdu
Minggu, 21 Nov 2021 07:00 WIB
Komik Gundala: Son of Lightning terbitan BumiLangit
Komik Gundala/Foto: BumiLangit/ Istimewa
Jakarta -

Komik adalah cerita bergambar yang umumnya memiliki cerita lucu dan mudah dimengerti. Dalam konteks bahasa dan gambar, komik dapat dikatakan sebagai media grafis yang efektif untuk menyampaikan pesan karena kekuatan bahasa gambar dan bahasa tulis yang dimilikinya.

Pengertian Komik

Melansir buku 'Komik' yang ditulis Indiria Maharsi, definisi komik dimulai dari buku berjudul 'Comis and Sequental Art' karya Will Eisner pada 1986. Dalam buku tersebut, Will mendefinisikan komik sebagai sequential art.

Artinya, komik adalah susunan gambar dan kata-kata untuk menceritakan sesuatu atau mendramatisasi suatu ide. Sepuluh tahun kemudian, Will kembali mendefinisikan komik sebagai tatanan gambar dan balon kata yang berurutan yang terdapat dalam buku komik.

Pada 1993, Scott McCloud membuat buku berjudul 'Understanding Comics' yang menyatakan komik adalah gambar-gambar dan lambang-lambang lain yang terjukstaposisi atau berdekatan, bersebelahan dalam urutan tententu. Tujuannya, untuk memberikan informasi atau untuk mencapai tanggapan estetis dari pembaca.

Hingga saat ini, pengertian komik masih terus terbuka untuk dikembangkan mengingat perkembangan komik yang sudah memasuki ranah digital. Tidak hanya itu, istilah komik pun juga bisa berubah dan berbeda-beda di setiap negara.

Kata komik sebetulnya berasal dari bahasa Inggris comic, tetapi di Prancis menggunakan istilah bande dessinee. Sementara di Jepang menggunakan istilah manga, di Korea menggunakan istilah manhwa, dan di Taiwan serta China menggunakan istilah manhua.

Elemen-elemen Komik

Komik memiliki banyak elemen pembentuknya. Elemen-elemen ini sebenarnya merupakan bahan dasar komik dan merupakan ciri khas dari komik dibandingkan media lainnya. Masih mengutip buku 'Komik' karya Indiria Maharsi, elemen-elemen dalam komik adalah sebagai berikut:

1. Panel

Panel adalah kotak berisi ilustrasi dan teks yang nantinya akan membentuk sebuah alur cerita. Secara umum, panel berbentuk persegi dan memiliki urutan arah baca dari kiri ke kanan, atas ke bawah, atau searah jarum jam.

2. Parit

Parit merujuk pada ruang di antara panel yang biasanya berbentuk garis pembatas berwarna putih. Namun, kini bentuk parit berbeda-beda tergantung kreativitas komikusnya.

Parit berfungsi untuk menyatukan kotak-kotak imajinatif panel yang terpisah-pisah. Maka dari itu, parti dapat dikatakan sebagai jantung sebuah komik.

3. Balon Kata

Balon kata merupakan representasi pembicaraan atau narasi dari peristiwa yang sedang terjadi dalam sebuah panel. Balon kata terdiri dari tiga bentuk, yaitu balon ucapan, balon pikiran, dan captions.

Balon ucapan adalah representasi ucapan dialog dalam bentuk bulatan tebal dengan ekornya mengarah pada tokoh yang mengucapkan kata-kata tersebut. Sementara balon pikiran merupakan representasi pikiran dari tokoh, tetapi hanya dalam batin saja dan tidak terucap.

Kemudian, captions merujuk pada penjelasan naratif bukan dialog dari ilustrasi dalam panel tersebut yang biasanya disajikan dalam bentuk kotak.

4. Ilustrasi atau Gambar

Ilustrasi digunakan untuk merepresentasikan adegan cerita secara detail dan utuh. Menurut jenisnya, ilustrasi dibagi menjadi dua, yakni realis dan kartun.

Gambar realis merupakan ikon yang paling mirip dengan manusia atau objek aslinya. Sementara kartun merujuk bentuk abstrak dan sederhana sehingga semakin jauh dari cerita foto yang asli.

5. Cerita

Cerita menjadi salah satu kekuatan dasar dalam komik selain ilustrasi. Komikus dapat memilih ragam tema mulai dari cerita superhero, persilatan, wayang, dan lain-lain.

Bahkan hingga saat ini tema cerita komik tidak hanya menyikapi kehidupan sosial yang sedang terjadi, tetapi ada juga yang berbau mistik ataupun spiritual.

Contoh Komik di Indonesia

Berdasarkan tema ceritanya, contoh-contoh komik di Indonesia bisa dikelompokkan menjadi:

1. Superhero

- Garuda Putih
- Puteri Bintang
- Gundala
- Godam
- Untara
- Herbintang

2. Persilatan

-Sri Asih
- Mandala
- Si Buta dari Gua Hantu

3. Perjuangan

- Srikandi Tanah Minang
- Pemberontakan Trunojoyo

4. Wayang

- Gatot Katja
- Mahabharata karya Kosasih

Demikianlah artikel tentang komik, elemen, dan contohnya. Kalau kalian suka baca komik yang mana?



Simak Video "Semangat Kapten Tsubasa dan Olimpiade Tokyo 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia