Mahasiswa UNS Jadi Duta Bahasa Jawa Tengah, Begini Kisahnya

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 09 Nov 2021 11:00 WIB
duta bahasa jateng 2021
Foto: UNS
Jakarta -

Zalfaa Azalia Pursita terpilih menjadi Duta Bahasa Jawa Tengah 2021. Ia juga merupakan mahasiswa program studi (prodi) Khusus (Pkh) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Zalfaa mengaku, ia sudah tertarik pada dunia literasi sejak kecil. Karena kegemarannya tersebut, ia juga mendirikan pepustakaan daring dan komunitas bimbingan belajar gratis bernama Sanbukis.

Semenjak kecil, orang tuanya telah mengakrabi dirinya dengan buku-buku seperti komik, cerita rakyat, dan buku gambar. Kebiasaannya sejak kecil tersebut terbawa hingga kini. Zalfaa mengaku dapat membaca tiga buku bacaan dalam sebulan.

"Aku lama-lama ngerasa kalau membaca itu seru, bisa buat mengisi waktu luang, dan bisa melatih daya imajinasi," ujar Zalfaa yang dikutip dari laman UNS, Senin (8/11/2021).

Karena hobi membacanya tersebut, ia mendapatkan nominasi sebagai siswa paling rajin ke perpustakaan saat Sekolah Menangah Pertama (SMP). Zalfaa sendiri menyukai beberapa genre buku seperti pengembangan diri, romansa, petualangan, hingga agama.

Selain gemar membaca, Zalfaa juga mendirikan komunitas dan perpustakaan daring. Pendirian perpustakaan daring tersebut diawali saat dirinya merapikan kumpulan buku yang dimilikinya. Dari kumpulan buku tersebut terdapat 70 buku yang bagus dan layak untuk dibaca.

"Buku yang aku punya diunggah lewat Instagram Sanbukis, yang mau pinjm tinggal janjian, alhamdulillah disambut baik. Teman-temanku pada minjam, bahkan ada temnku yang habis lulus kuliah, terus kerja di Batam, bingung 30 bukunya mau diapain, akhirnya dititipkan ke Sanbukis," kata Zalfaa.

Buku yang dipinjamkan di Sanbukis sifatnya gratis. Peminjam hanya mengisi formulir kemudian memesannya lewat Instagram. Buku yang dipinjam dapat dipinjam selama satu bulan namun dapat diperpanjang.

"Aku punya dua program di Sanbukis, yang pertama adalah Give Happiness. Kalau ini, teman-teman ngasih buku ke Sanbukis. Kedua, Sharing Happiness, kalau ini teman-teman cuma menitipkan buku buat dipinjamkan di Sanbukis," kata Zalfaa.

Sementara itu, komunitas belajar yang Zalfaa miliki bernama Rumah Mentari. Program ini dikhususkan untuk mengajar anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) di desanya.

Zalfaa bersama rekannya mengajar di komunitas tersebut tiap Minggu.

Menjadi Duta Bahasa juga membuat Zalfaa memiliki sejumlah tugas yang diemban. Tujuan Zalfaa menjadi Duta Bahasa untuk mencari teman yang memiliki visi dan misi sepaham dalam dunia literasi.

Ia akan mengusung program yang bernama Sauna Citra: Sahabat untuk Pecinta Literasi yang berfokus pada membaca dan menulis.

"Senang, sebuah kehormatan bisa dipercaya provinsi Jawa Tengah ke ajang nasional. Tapi di balik itu ada proses panjang yang melelahkan, kayak latihan wicara publik, nyiapin Gim Sima, belum lagi pas berpasangan harus adaptasi, nyesuain sifat satu sama lain supaya membangun chemistry," cerita Zalfaa.

Adapun, Zalfaa juga bercerita jika menjadi Duta Bahasa ada tiga hal yang ingin selalu ditingkatkan. Pertama yaitu berbuat kebaikan kepada orang lain. Kedua konsisten dalam mengerjakan sesuatu, dan ketiga adalah berhubungan dengan Tuhan.

"Semoga aku bisa menjadi orang yang meminimalisasi ekspektasi dan bisa bermanfaat dengan hal-hal kecil. Pokoknya, apa yang sedang dihadapi, harus dinikmati, dijalani dengan sebaik-baiknya, pasti bakal ada hal baik yang menanti setelahnya asal percaya dengan jalan yang sudah disiapkan oleh Tuhan," ujar Duta Bahasa Jawa Tengah 2021 tersebut.



Simak Video "Polisi Geledah Markas Menwa UNS Solo, Sita Senjata Replika-Helm"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/atj)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia