Unicorn Misterius di Laut yang Mirip Dugong, Seperti Apa Wujudnya?

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 19 Nov 2021 20:00 WIB
Kawanan narwhal di utara Canada pada Agustus 2005. Narwhal adalah paus gigi tunggal yang sekilas mirip dugong.
Kawanan narwhal di utara Canada pada Agustus 2005. Narwhal adalah paus gigi tunggal yang sekilas mirip dugong. Foto: Wikimedia Commons/Dr. Kristin Laidre/NOAA
Jakarta - Unicorn adalah makhluk mitologi yang berbentuk kuda bertanduk. Di lautan es, rupanya ada unicorn juga. Tetapi, rupanya lebih mirip dengan dugong. Makhluk hidup apa itu?

Ialah narwhal, hewan laut yang tinggal di pelosok Samudra Arktik yang dingin. Narwhal memiliki nama ilmiah Monodon monoceros, yang dalam bahasa Latin memiliki arti "satu gigi, satu tanduk."

Narwhal berbentuk seperti dugong yang memiliki tanduk spiral dengan gabungan warna hitam, putih, dan cokelat. Tanduk narwhal bisa tumbuh sepanjang 3 meter, dan badannya bisa mencapai 4,6 meter. Berat narwhal sendiri bisa mencapai 1.590 kg.

Dikutip dari laman WWF, hewan yang diberi gelar sebagai unicorn laut ini pada dasarnya merupakan paus bergigi. Mamalia ini satu famili dengan paus beluga dalam Monodontidae atau mamalia satu gigi.

Nama narwhal berasal dari kata bahasa Nordik nar yang berarti mayat dan hval yang berarti whale atau paus. Nama ini merujuk pada warna narwhal yang abu-abu, yang dahulu dikira pelaut sebagai korban tenggelam.

Narwhal, Unicorn Laut Kerabat Dugong

Misterius

Narwhal, unicorn laut kerabat paus yang lebih mirip dugong.Narwhal, unicorn laut kerabat paus yang lebih mirip dugong. Foto: Wikimedia Commons/Gazprom Neft

Punggung yang pendek, warna gelap keperakan, tidak punya sirip pungung, dan berenang tenang di balik air yang gelap dan es-es beku membuat narwhal sulit terlihat peneliti jika tidak sengaja muncul ke permukaan. Jika paus-paus lain suka menyemburkan udara yang terlihat, seperti awan tinggi tiba-tiba, narwhal mengembuskan napas dengan udara yang halus.

Habitat narwhal di balik es-es samudera Arktik yang dalam, sangat dingin, dan tenang juga membuat hewan ini lebih sulit untuk diteliti, meskipun orang asli setempat banyak memanfaatkannya sebagai bahan makanan.


Untungnya, jika tidak sedang musim dingin, narwhal juga hidup di garis pantai Kanada, Greenland, Norwegia, dan Rusia. Hewan ini bisa ditemukan di bagian pesisir selama musim panas.

Tanduk Sensor

Tanduk narwhal sesungguhnya merupakan perpanjangan gigi yang muncul ke luar tubuh. Sementara itu, sisa giginya berada di tengkorak, tidak tumbuh. Tanduk narwhal punya fungsi sebagai sensor dengan hampir 10 juta ujung saraf. Sensor ini bisa mendeteksi perubahan temperatur hingga kadar keasinan atau salinitas di tempatnya berenang.

Tanduk narwhal kebanyakan terdapat pada jantan dewasa. Sementara itu, hanyal 15 persen narwhal betina yang yang memiliki tanduk. Kendati tanpa tanduk, narwhal betina cenderung bisa hidup lebih lama ketimbang nawhal jantan.

Penanda Kekuasaan dan Musim Kawin

Tanduk narwhal berfungsi sebagai sensor hingga penanda kekuasaan.Tanduk narwhal berfungsi sebagai sensor hingga penanda kekuasaan. Foto: Wikimedia Commons/Gazprom Neft

Karena narwhal betina bisa bertahan tanpa tanduk, para peneliti menduga tanduk narwhal lebih berfungsi sebagai penanda jenis kelamin, atraksi saat musim kawin, dan penanda dominasi di wilayahnya.

Dikutip dari Live Science, di teluk dan fyord Arktik di Utara Kanada, narwhal jantan terlihat sering mengayunkan tanduknya dan membuat siulan yang terdengar aneh dan sedih. Perilaku ini rupanya membantu narwhal jantan untuk menentukan hierarki dominasi dan menarik lawan jenis saat musim kawin tiba.

Makanan Penting Orang Inuit

Narwhal merupakan hewan penting yang menjadi sumber makanan orang Inuit, orang asli di Greenland, Kanada, dan Alaska. Orang Inuit punya banyak istilah untuk menamakan narwhal sesuai besar, warna, dan keberadaan tanduknya dalam bahasa Inuktitut. Untuk menamai keseluruhan jenis narwhal, orang Inuit menyebutnya sebagai qilalugaq qernertaq, yang artinya "si pandai melengkungkan diri ke langit."


Kawin dengan Beluga

Kerabat narwhal paling dekat adalah paus beluga (Delphinapterus leucas). Keduanya adalah satu-satunya di famili Monodontidae, meskipun punya kerabat Odontoceti atau paus bergigi banyak seperti lumba-lumba, paus paruh, dan paus sperma. Keduanya juga hidup di Samudra Arktik. Kendati jarang, narwhal dapat kawin dengan paus beluga.

Nah, itu dia narwhal, unicorn laut yang mirip dugong di Samudra Arktik. Sudah pernah lihat narwhal, detikers?

Simak Video "Paus Fransiskus Kecam Pelaku KDRT di Italia: Perilakunya Mirip Setan!"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia