Mengapa Susu Berwarna Putih? Ini Kata Pakar IPB

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 11 Nov 2021 14:45 WIB
Kefir, milk or Turkish Ayran drink are poured into a glass cup from a bottle. A glass stands on a wooden stand on a rustic wooden table. Place for text.
Foto: iStockphoto/Elena Medoks
Jakarta - Pernah terpikirkan mengapa susu berwarna putih? Bukan warna lain seperti minuman berwarna yang sering kita minum atau bening seperti air. Ternyata ada sebabnya lho mengapa susu bisa berwarna putih.

Bagi masyarakat Indonesia sendiri susu merupakan nutrisi yang sempurna untuk melengkapi kebutuhan gizi yang dihasilkan dari hewan, buah dan sayur.

Susu juga menjadi minuman yang digemari oleh banyak orang karena manfaatnya bagi tubuh. Mulai dari bayi yang mengonsumsi Air Susu Ibu (ASI), anak-anak selama masa pertumbuhan, hingga orang dewasa untuk kebutuhan nutrisi tubuh.

Meski susu banyak tersedia dalam berbagai rasa dan warna, tapi mengapa susu yang masih murni berwarna putih?

Menurut pakar Food Science and Nutrition Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Eny Palupi, untuk melihat penyebab warna putih pada susu, perlu mengetahui kandungan yang ada di dalamnya.

"Kalau ingin melihat kenapa susu berwarna putih, kita harus tahu isinya (kandungan) apa sih," ucapnya seperti dikutip dari Youtube IPB TV, Kamis (11/11/2021).


Kandungan pada Susu

Dr. Eny Palupi menjelaskan bahwa berdasarkan jurnal dan studi, 80% kandungan susu merupakan air.

Kemudian kandungan sisanya adalah total padatan sekitar 13% berupa karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan komponen lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh.


Penyebab Susu Berwarna Putih

Dr. Eny Palupi juga memaparkan bahwa warna putih pada susu disebabkan karena susu memantulkan semua panjang gelombang yang terlihat.

Karena sifat pantulan ini akhirnya menjadikan susu tidak bisa menyerap apapun dan memantulkan warna.

"Kenapa berwarna putih, karena semua komponen menyatu dan juga membentuk komponen koloid emulsi yang sangat baik sehingga apabila terkena cahaya, mereka bersifat memantulkan cahaya," paparnya.

Semua spektrum cahaya seperti warna pelangi (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu) dipantulkan. Sehingga apabila terkena oleh mata menghasilkan warna putih.


Susu Berwarna Putih Kekuningan

Meski kebanyakan berwarna putih tulang atau putih bersih namun ternyata ada juga warna susu yang kekuningan. Hal tersebut dikarenakan kandungan lemak dan protein pada susu. Dalam hal ini pakan yang diberikan pada ternak turut mempengaruhi.

Jika pakan yang diberikan tinggi akan beta karoten maka susu yang dihasilkan akan sedikit kekuningan. Nah, itulah penjelasan mengapa susu berwarna putih oleh pakar IPB.

Simak Video "Perusahaan Asal Finlandia Kembangkan Makanan Buatan dari Udara"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia