Pentingnya Self Love dan Cara Mencintai Diri Sendiri untuk Pelajar

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 08 Nov 2021 14:50 WIB
resto self love
Foto: Istimewa
Jakarta -

Self love atau mencintai diri sendiri merupakan hal yang harus dilakukan oleh siapapun termasuk pelajar. Self love sendiri merupakan apresiasi terhadap diri sendiri. Self love penting untuk dilakukan karena manusia adalah makhluk yang dinamis karena bertumbuh baik secara fisik, psikologis, dan spiritual.

Self love sendiri dapat dilakukan dengan cara jujur terhadap diri sendiri mengenai kekurangan serta kekuatan yang dimiliki.

Lantas bagaimana melakukan self love? Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk self love yang dikutip dari akun Instagram Disdik Jabar:

1. Membangun pertemanan yang sehat.

2. Rutin mengonsumsi air putih dan makanan yang bergizi.

3. Berani mengatakan tidak dan berhenti menjadi individu yang sering sungkan.

4. Menerima dan memaafkan diri sendiri.

Sedangkan menurut laman IAIN Surakarta, self love bagi pelajar juga dapat melakukan hal-hal berikut ini:

1. Melakukan Afirmasi Positif

Afirmasi positif dapat membantu meningkatkan harga diri seseorang. Afirmasi positif yang dapat dilakukan dengan memberikan kata-kata positif setiap memulai hari.

2. Menghindari Pertemanan yang Tidak Sehat

Saat bersekolah, kita terbiasa masuk ke dalam grup pertemanan. Jika kalian saat ini merasa orang-orang di sekitar kurang mendukung, maka tinggalkanlah. Carilah teman yang mendukungmu, karena teman yang baik akan memotivasi untuk melakukan hal-hal baik juga.

3. Memaafkan Diri Sendiri

Melakukan kesalahan merupakan hal yang wajar. Jangan terlalu keras pada diri sendiri, jika detikers melakukan kesalahan, kalian bisa memperbaikinya lagi.

4. Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Membandingkan diri dengan orang lain cenderung dilakukan oleh para siswa. Sebelum membandingkan diri dengan orang lain, ingatlah jika setiap orang memiliki keunikan sendiri. Berfokuslah pada hal-hal yang kalian miliki.

5. Menerima Kekurangan Diri

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Self love juga berarti menerima kekurangan diri. Kekurangan bukan berarti hal yang buruk. Jika bisa menerima kekurangan maka kalian sudah berhasil mencintai diri sendiri.

6. Mengembangkan Potensi Diri

Lakukanlah hal positif yang disukai karena akan memunculkan versi terbaik diri sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan mengembangkan hobi.

7. Bersyukur

Mulailah bersyukur atas tiap pencapaian dalam hidupmu. Bersyukurlah karena berhasil mencapai sesuatu. Serta bersyukur juga ketika sedang diuji, karena itu tandanya sedang dipersiapkan untuk berada di level yang lebih tinggi.

Demikianlah cara melakukan self love yang harus diketahui oleh para pelajar. Jangan lupa diterapkan ya!



Simak Video "Memahami Self Reward dan Self Love bagi Kesehatan Mental "
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia