10 Fakta Hiu Takut dengan Lumba-lumba, Menarik untuk Disimak!

Kristina - detikEdu
Kamis, 04 Nov 2021 19:30 WIB
Ilustrasi ikan hiu
Foto: Getty Images/iStockphoto/lindsay_imagery
Jakarta -

Hiu dikenal dengan hewan ganas dan ditakuti penghuni laut lainnya. Faktanya, predator puncak dalam rantai makanan di laut ini takut dengan lumba-lumba. Sudah tahu alasannya?

Meskipun termasuk golongan ikan, hiu merupakan binatang vertebrata yang memiliki tulang belakang. Hiu juga memiliki sirip besar berbentuk segitiga yang terdapat di atas punggungnya. Sirip ini akan nampak ketika muncul mendekati permukaan air.

Hiu termasuk hewan penyendiri. Sedangkan lumba-lumba terkenal dengan kebiasaannya yang suka bergerombol. Di mata manusia, hiu terlihat seram dan membahayakan. Sedangkan lumba-lumba terlihat lebih ramah daripada hiu karena suka berinteraksi dengan manusia.

Fakta Hiu Takut Lumba-lumba

Walaupun terlihat ganas dan menyeramkan, ternyata hiu takut dengan lumba-lumba. Dirangkum dari berita detikEdu, berikut 10 fakta penyebab hiu takut dengan mamalia laut yang terkenal cerdas ini:

1. Hiu dapat Dikalahkan oleh Lumba-lumba Jenis Orca

Hiu dapat dikalahkan oleh lumba-lumba jenis Orcha atau yang akrab disebut paus pembunuh. Paus pembunuh merupakan pemangsa puncak di lautan. Paus pembunuh tak segan memangsa hiu putih saat terjadi kelangkaan makanan.

2. Tubuh Lumba-lumba Lebih Gesit dan Fleksibel dibandingkan Hiu

Faktanya, lumba-lumba memiliki tubuh yang gesit dan fleksibel dibandingkan dengan hiu. Kulit lumba-lumba cenderung lebih lembut dan sendi rangkanya lebih fleksibel. Kondisi inilah yang menyebabkan lumba-lumba gesit dalam pertarungan saat bertemu dengan para predator laut, seperti hiu.

3. Hiu Tidak Lebih Cerdas daripada Lumba-lumba

Kecerdasan yang dimiliki lumba-lumba menjadikan hiu takut dengannya saat bertarung. Dengan menggunakan ekolokasi, lumba-lumba dapat bergerak cepat dalam air untuk menghindari atau menyerang hiu. Hal ini yang membuat hiu kesusahan mengatasi serangan lumba-lumba.

4. Lumba-lumba Bergerak Cepat dan Sulit Dikejar

Selain cerdas, lumba-lumba juga memiliki kecepatan gerak luar biasa dibandingkan dengan hiu. Lumba-lumba dapat berenang lebih cepat dan menjadikannya sulit dikejar oleh predator seperti hiu.

5. Lumba-lumba Pandai Bersembunyi

Lumba-lumba dikenal sebagai hewan yang pandai bersembunyi. Sedangkan hiu dikenal dengan pemburu yang suka menyerang saat musuh dalam titik buta atau kondisi tidak sadar. Namun, lumba-lumba akan bergerak cepat atau berkumpul dengan kawanannya saat hiu mencoba menangkapnya.

6. Lumba-lumba Punya Sirip Ekor Sangat Kuat

Kelebihan lumba-lumba lainnya yang menjadikan hiu takut dengannya terletak pada sirip ekor. Lumba-lumba jenis Orca memiliki sirip ekor yang sangat kuat. Saking kuatnya, sirip ini dapat dengan mudah membalikkan punggung hiu. Ketika hal ini terjadi, maka hiu akan mudah dimangsa oleh Orca.

7. Moncong Lumba-lumba Lebih Tumpul dan Kuat

Lumba-lumba memiliki moncong yang terbuat dari tulang yang sangat kuat dan tebal. Moncong inilah yang menjadi senjata pertama lumba-lumba saat melakukan serangan ke perut hiu.

8. Hiu Predator Soliter Sedangkan Lumba-lumba Punya Kawanan

Hiu dikenal sebagai predator yang suka hidup menyendiri atau soliter. Sedangkan lumba-lumba suka hidup bergerombol dengan kawanannya. Dalam kondisi terancam, lumba-lumba akan saling membantu anggota kelompok lainnya agar selamat dari serangan musuh.

9. Marahnya Lumba-lumba Berbahaya

Hiu suka mengincar bayi lumba-lumba yang dikenal lebih rentan terhadap serangan predator. Namun, apabila serangan tersebut diketahui oleh lumba-lumba lainnya, maka seketika lumba-lumba akan marah dan balik menyerang hiu secara bergerombol.

10. Lumba-lumba Punya Ekor Horizontal

Fakta hiu takut dengan lumba-lumba lainnya disebabkan karena lumba-lumba memiliki ekor horizontal yang memungkinkan tubuhnya lebih lincah dan mengubah arah serangan dengan cepat. Sedangkan hiu memiliki ekor vertikal yang membatasi pergerakannya.



Simak Video "Viral Penampakan 7 Lumba-lumba Terkulai di Atas Dek Kapal Nelayan Pacitan"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia