Pelajar dan Mahasiswa Harus Tahu, Ini Syarat Perjalan Domestik Terbaru

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 02 Nov 2021 11:20 WIB
Jakarta -

Pemerintah kembali melonggarkan aturan bagi masyarakat yang ingin berpergian dengan pesawat. Syarat perjalanan domestik tersebut disampaikan melalui Menko PMK Muhadjir Effendy pada Senin (1/11) kemarin.

Pemerintah kembali menghapus kewajiban bagi penumpang untuk menunjukkan hasil tes negative covid dengan metode tes PCR. Muhadjir mengatakan jika penumpang hanya diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif covid dengan metode tes antigen.

"Perjalanan akan ada perubahan yaitu wilayah Jawa-Bali. Perjalanan udara tidak lagi harus pakai tes PCR, tapi cukup tes antigen. Sama dengan yang diberlakukan di wilayah luar Jawa non Bali," kata Muhadjir melansir dari CNN.

Sedangkan untuk syarat perjalanan darat yang lebih dari 250 km waktu perjalanan 4 jam dari dan ke Pulau Jawa dan Bali diwajibkan menyertakan hasil RT-PCR maksimal 3x24 jam atau antigen maksimal 1x24 jam sebelum perjalanan.

Aturan perjalanan tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi. Aturan itu berlaku untuk penyeberangan dari dan ke Pulau Jawa dan Bali.

"Ketentuan syarat perjalanan tersebut berlaku bagi pengguna kendaraan bermotor perseorangan, sepeda motor, kendaraan bermotor umum, maupun angkutan penyeberangan," kata Budi mengutip dari CNN.

Bagi detikers yang ingin menempuh perjalanan kereta api jarak jauh diwajibkan menyertakan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 3x24 jam atau tes antigen 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Perubahan aturan ini menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan No 92 Th 2021 tentang Perubahan Atas SE Kemenhub No 89 Th 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 27 Oktober 2021.

Para penumpang KA Jarak Jauh dan lokal juga wajib menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama, kecuali untuk anak di bawah 12 tahun ke bawah. Anak usia di bawah 12 tahun wajib didampingi oleh orang tua/ keluarga yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga.

Para penumpang KA juga harus dalam kondisi yang sehat dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius. Penumpang juga harus menerapkan prokes dengan ketat seperti menggunakan masker.

Demikianlah syarat perjalanan terbaru yang harus diketahui oleh siswa dan mahasiswa. Harap diperhatikan baik-baik ya!

(atj/atj)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia