Wariskan Bakat? Mark Zuckerberg Ajari Anak Coding Sejak Umur 3 Tahun

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 01 Nov 2021 13:00 WIB
Mark Zuckerberg
Foto: Instagram @zuck
Jakarta -

Mark Zuckerberg sudah mengajarkan coding ke kedua putrinya sedari dini. Bos Facebook/Meta tersebut mendidik anaknya, August, untuk belajar coding ketika berumur 3 tahun.

"Mark sudah melakukan itu bersama August sejak ia menginjak usia tiga tahun," kata Priscilla Chan dalam The Independent, seperti dilansir dari detikinet pada Senin (01/11/2021).

Dalam wawancaranya bersama The Times, Chan mengungkapkan bagaimana ia dan Zuckerberg mendidik kedua anak mereka, Maxima (5) dan August (4).

Pasangan ini berbagi tugas sebagai orang tua. Zuckerberg mempunyai tanggung jawab menidurkan anak-anak mereka.

Salah satu kebiasaan Zuckerberg saat menidurkan anak-anak mereka adalah membaca doa dalam bahasa Mandarin. Chan sendiri memang fasih berbahasa Mandarin dan Kanton.

"Kadang mereka membaca buku bersama-sama. Kadang mereka coding bersama," kata Chan. Bulan Juni lalu, Zuckerberg mengunggah foto August saat belajar coding memakai aplikasi Kano di MacBook.

Dia dulunya juga belajar coding saat usianya masih sangat muda. Bapak Facebook/Meta ini mempelajari coding saat masih kelas 6 SD menggunakan buku 'C++ for Dummies'.

Dalam hal mendidik anak, Chan juga menyebutkan kedua anaknya baru boleh menggunakan media sosial ketika usianya sudah 13 tahun. Aplikasi semacam Instagram, Twitter, dan TikTok memang hanya boleh untuk pengguna 13 tahun ke atas.

Sementara itu, Instagram disebut membawa pengaruh yang buruk bagi kesehatan mental remaja perempuan. Soal ini, Chan beranggapan bahwa yang terpenting adalah mendiskusikannya dengan anak-anak.

Pasangan CEO Facebook/Meta itu menambahkan, "Media sosial adalah komunitas online tetapi anak-anak terlibat dalam banyak komunitas yang mereka dan bahkan kita tidak bisa kontrol penuh. Selain media sosial, masih banyak variabel yang membuat mereka bisa bahagia, sehat dan aman."



Simak Video "Setiap Orang Bisa Mencoba Kehidupan Virtual di Toko Meta"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia