Ini Tips Gali Inner Strength pada Anak dari Kak Seto

Kristina - detikEdu
Senin, 27 Sep 2021 20:00 WIB
Seto Mulyadi
Foto: 20detik
Jakarta -

Inner strength merupakan kekuatan positif yang ada dalam diri setiap orang. Apabila diasah dan dilatih dengan baik, inner strength mampu menciptakan generasi yang kuat dan tangguh.

Setiap anak terlahir dengan beragam potensi dalam dirinya. Psikolog Anak Seto Mulyadi atau Kak Seto mengatakan, mendidik anak di era milenial yang serba kreatif ini diperlukan adanya kebijaksanaan dari orang tua maupun guru. Anak memiliki potensi dari dalam yang perlu ditumbuhkan.

"Makna pendidikan itu memunculkan sesuatu dari dalam, bukan mengisi kepala anak dengan beragam hafalan ini, itu, dan sebagainya," kata Kak Seto dalam acara "Virtual Diskusi Panel Biskuat #GenerasiTiger", Senin (27/9/2021).

Kak Seto menjelaskan, pendidikan merupakan keteladanan dan bimbingan yang penuh kasih sayang. Dalam hal ini, orang tua berperan penting dalam memberikan keteladanan terhadap anak.

Orang tua dapat memberikan apresiasi atas pencapaian dan potensi yang dimiliki oleh anak. Namun, kata Kak Seto, harus berlandaskan dengan karakter pokok. "Karakter ini tentang bagaimana kita bergaul, bersikap," katanya.

Pencipta karakter si Komo yang terkenal di era 80-an tersebut menjelaskan, dorongan dari orang tua terhadap kemampuan anak dapat membantu menumbuhkan inner strength pada anak. Secara perlahan, anak akan merasa percaya diri dalam melakukan setiap hal.

Sementara itu, berkaitan dengan percaya diri, Moms Influencer, Mona Ratuliu mengatakan, belajar percaya diri tidak hanya tentang keberanian tampil di depan banyak orang. Melainkan juga dengan meyakinkan terhadap diri sendiri untuk percaya bahwa anak memiliki potensi.

Selain itu, orang tua juga dapat memberikan ruang bagi anak untuk melakukan kesalahan dan tidak membebani dengan keinginan orang tua. "Mengizinkan anak melakukan kesalahan nanti inner strengthnya akan muncul," katanya.

Sedangkan Head of Corporate Communication and Government Affairs Mondel─ôz Indonesia, Khrisma Fitriasari mengatakan, setiap anak memiliki potensi tak terbatas di luar apa yang terlihat. Pihaknya mendorong para orang tua dan berbagai kalangan di Indonesia untuk mendukung anak-anak yang memiliki kekuatan dari dalam.

"Biskuat memiliki tujuan untuk turut mengembangkan anak-anak Indonesia yang memiliki kekuatan dari dalam yaitu anak-anak Indonesia yang memiliki karakter yang kuat dan positif," ujar Khrisma.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Direktur Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Sri Wahyuningsih. Dia mengatakan, generasi cerdas dan berkarakter merupakan esensi dari pelajar Pancasila.



Simak Video "Lincahnya Kak Seto Joget hingga Push Up di Ultah Ke-70"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia