Mengenal Struktur Sel Prokariotik dan Eukariotik beserta Fungsinya

Olivia Sabat - detikEdu
Selasa, 26 Okt 2021 13:15 WIB
sel hewan
Foto: iStock
Jakarta -

Struktur sel adalah suatu pengaturan dan hubungan antar unsur-unsur atau elemen-elemen sel yang saling berhubungan dalam suatu kesatuan sistem sel sebagai unit terkecil makhluk hidup. Berdasarkan jenisnya, sel dapat digolongkan menjadi dua, yakni sel prokariotik dan eukariotik.

Hal itu seperti dilansir dari Modul Pembelajaran Biologi SMA Kelas XI: Struktur dan Fungsi Sel.

Sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki membran inti. Sedangkan eukariotik merupakan sel yang memiliki membran inti.

Struktur Sel Prokariotik

Mengutip situs Rumah Belajar Kemdikbud, sel prokariotik berasal dari bahasa Yunani prokaryote, pro memiliki arti sebelum dan karyon berarti inti. Dengan begitu, sel prokariotik dapat diartikan sebagai sel yang tidak memiliki membran sebelum sel inti sehingga sel inti berada di dalam protoplasma.

Berikut ini bagian-bagian dalam struktur sel prokariotik:

1. Membran Plasma

Merupakan lapisan di luar sitoplasma yang berfungsi untuk melindungi dan mengatur transportasi sel, serta berperan sebagai penerima rangsang yang datang dari luar sel.

Membran plasma pada sel prokariotik mengalami pelekukan ke arah dalam dan membentuk struktur bernama mesosom. Struktur ini berfungsi sebagai tempat terjadinya respirasi sel sehingga menghasilkan energi yang digunakan untuk aktivitas di dalam sel.

2. Sitoplasma

Sitoplasma adalah bagian sel berisi cairan yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya metabolisme sel. Kandungan cairan terbanyak dalam sitoplasma adalah air yang mencapai 80-90 persen.

3. Nukleus

Nukleus atau inti sel memiliki fungsi untuk mengendalikan dan mengatur seluruh kegiatan sel. Tidak hanya itu, nukleus juga berfungsi sebagai pembawa informasi genetik, yaitu kromosom yang akan diturunkan ke generasi selanjutnya.

Kromosom sendiri merupakan struktur yang terdiri atas DNA dan protein.

4. Ribosom

Ribosom merupakan struktur sel prokariotik berupa butiran yang berfungsi untuk memperbaiki protein.

5. Dinding Sel

Berfungsi sebagai struktur pelindung kedua setelah membran plasma.

6. Kapsul

Merupakan struktur pelindung sel ketiga setelah membran plasma dan dinding sel.

7. Bulu Rambut

Bulu rambut memiliki fungsi sebagai alat perekan sel bakteri pada suatu permukaan dasar atau benda.

8. Flagel

Flagel disusun oleh mikrotubulus yang memiliki fungsi dalam pergerakan sel. Contoh makhluk hidup yang memiliki sel prokariotik adalah bakteri dan ganggang hijau biru (cyanobacteria).

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia