Tips Jitu Fresh Graduate Agar Dapat Berkarier di Unicorn, Apa Saja?

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 26 Okt 2021 08:00 WIB
Multi-tasking succesfull businesswoman in office interior
Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Bekerja di unicorn merupakan suatu impian bagi para fresh graduate. Dikutip dari CNBC Indonesia, unicorn adalah sebuah perusahaan startup atau rintisan yang telah memiliki valuasi nilai hingga USD 1 miliar.

Agar dapat bekerja di unicorn ada hal-hal yang harus diperhatikan seperti mengirimkan CV hingga memaksimalkan performa saat wawancara agar dapat diterima di perusahaan tersebut.

Beberapa unicorn di Indonesia yakni Gojek, Bukalapak, Tokopedia, Traveloka, OVO, J&T Express, dan OnlinePajak.

Apa saja tips jitu agar fresh graduate dapat bekerja di unicorn? Simak tipsnya dari Qassandra Chaidiri yang merupakan System Engineer di Tokopedia. Qassandra sebelumnya merupakan lulusan program Bangkit 2021 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Penjelasan berikut dikutip dari akun Instagram Ditjen Dikti:

1. Aktif dan Tumbuh dalam Komunitas

Menurut Qassandra berkomunitas adalah hal yang penting. Ia mengatakan dengan berkomunitas akan memacu diri untuk membuat progress setiap hari.

"Dari 2019 aku ingin sekali kerja di perusahaan yang bagus. Untuk mengasah skill berorganisasi, aku aktif di Google DSC di kampusku, Universitas Trilogi," ujar Qassandra.

2. Menguasai Base Knowledge di Bidang Keahlian

Qassandra berpesan agar serius dalam menguasai bidang keahlian. Hal ini dapat dilakukan dengan menguasai pengetahuan dasar dengan tekun untuk profesi impian. Misalnya Qassandra belajar tentang profesi IT engineer yang merupakan profesi impiannya.

"Pengetahuan dasar di bidang cloud computing itu ada linux, networking, coding, dan sebagainya. Sebagian besar di antaranya ada di Bangkit. Lengkap dari level dasar sampai siap ambil sertifikasi Google ACE," ujar Qassandra.

3. Mengukur Kemampuan Diri Melalui Sertifikasi Global

Setelah belajar tahap selanjutnya adalah mengukur kemampuan diri. Hal ini dapat dilakukan dengan pelatihan bersertifikasi global.

Melalui program Bangkit, Qassandra belajar studi kasus yang sering keluar di ujian dan tentunya ia juga belajar langsung dari pakar industri.

Setelah mengetahui tips untuk bekerja di unicorn, ada beberapa kualifikasi yang harus dimiliki oleh seorang pegawai unicorn.

Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari laman LinkedIn:

1. Tidak Terpaku Pada Satu Jobdesk

Pegawai unicorn adalah pegawai yang fleksibel dan memiliki keingintahuan yang tinggi. Mereka juga dapat melakukan berbagai macam tugas dan dapat berpikir kritis.

Misalnya jika kalian merupakan seorang office administrator, pekerjaan juga dapat mencakup marketing dan melakukan campaign.

Pegawai unicorn juga memiliki kesempatan yang lebih untuk mendalami area bisnis dan perkembangannya. Sehingga dibutuhkan orang-orang yang memiliki antusias tinggi.

2. Dapat Berpikir Besar dan Kecil

Maksud dari berpikir besar dan kecil adalah seseorang yang dapat berpikir secara strategis. Ia harus memiliki kemampuan untuk melihat masa lalu dan dapat melihat tujuan perusahaan secara keseluruhan.

Kemampuannya tersebut kemudian diterapkan pada pekerjaan agar dapat berjalan efektif di bisnis. Ia juga harus dapat berpikir kritis dan teliti akan detail.

3. Memiliki Panggilan Jiwa

Panggilan jiwa bekerja di unicorn merupakan hal yang krusial. Dengan memiliki panggilan jiwa tersebut akan membuat kalian untuk tetap fokus pada tujuan.

Pegawai unicorn juga harus memiliki kesabaran dan tenang pada tugas yang dihadapi karena banyak tantangan yang tidak terduga.

4. Saling Menghormati

Pegawai unicorn harus menghormati dan tidak memperlakukan seseorang berdasarkan gelarnya dan jabatannya. Dengan memiliki kerendahan hati dan menghormati antar individu dapat mewujudkan kesejahteraan antar pegawai dalam perusahaan unicorn.



Simak Video "Ini Posisi yang Bakal Diisi Oleh Eks Pegawai KPK saat Jadi ASN Polri"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia