6 Tips Bangun Rencana Karier dari Pakarnya, Mahasiswa Wajib Coba!

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 22 Okt 2021 17:00 WIB
The model has the looks for Japanese, Chinese, Thai or Taiwanese people.
Foto: Getty Images/iStockphoto/tun723/6 Tips Bangun Rencana Karier dari Pakarnya, Mahasiswa Wajib Coba!
Jakarta - Rencana karier sangat diperlukan sebelum seseorang benar-benar terjun ke dunia profesional. Strategi tersebut tidak hanya berguna untuk membangun karier, namun juga mempermudah dalam mencapai target yang diinginkan.

Pada Senin (18/10/2021), Direktorat Pengembangan Karier, Inkubasi, Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar webinar Airlangga Career Club bertajuk 'Step Up Your Career Plan'.

Dalam kesempatan ini, Unair menghadirkan staf sumber daya manusia dari Tata Consultancy Service, Ahmad Mustafa, yang akrab disapa MED Mustafa. Menurutnya, ada beberapa langkah yang perlu diterapkan untuk membuat rencana karier. Apa saja?

6 Tips Membuat Rencana Karier

1. Memahami diri sendiri

Menurut MED Mustafa, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memahami diri sendiri melalui refleksi diri. Setiap orang mempunyai cara yang berbeda dalam merefleksikan diri sendiri, salah satunya dapat dilakukan dengan mengetahui apa yang kita butuhkan.

"Renungkan, kenali nilai kamu, pahami bakat dan minat, serta pikirkan hal ini sedini mungkin," terangnya seperti dikutip dari laman Unair pada Jumat (22/10/2021).

2. Menetapkan tujuan dengan konsep SMART

Dirinya menuturkan bahwa menetapkan tujuan adalah salah satu kunci kesuksesan dalam membangun rencana karier. Dalam tahap ini, kamu bisa menggunakan konsep SMART.

Kepanjangan SMART adalah specific (spesifik), measurable (terukur), attainable (dapat dicapai), relevan, dan time bound (dibatasi waktu). Dirinya menambahkan, tujuan tanpa rencana hanyalah harapan.

3. Evaluasi diri

MED Mustafa menegaskan bahwa kamu perlu memahami kekurangan dan kelebihan diri, serta mengetahui cara bagaimana menghadapinya. Kedua hal ini membantu dalam evaluasi diri dan pengembangan rencana karier.

4. Self-branding

Self branding menjadi salah satu tahapan membuat rencana karier agar sukses ke depannya.

"Ciptakan identitas yang unik . Hal ini bisa didapat dari peran dan kompetensi," katanya.

5. Pengembangan karier secara individu

Ketika sudah memiliki sebuah posisi di suatu perusahaan, seseorang masih bisa merencanakan langkah selanjutnya melalui rencana pengembangan individu.

"Ini dilakukan saat seseorang sudah bergabung di sebuah perusahaan dan dirinya sudah tau performanya seperti apa. Hubungannya dengan pengetahuan, bidang yang dikuasai, dan kemampuan yang dimiliki," papar MED Mustafa.

6. Kemampuan beradaptasi

Terakhir, dia menambahkan, karier dapat terus berkembang sesuai kebutuhan. Sehingga, siapapun perlu dapat beradaptasi terhadap kebutuhan pasar melalui rencana karier.

"Kita harus siap dengan identitas, bidang yang dikuasai, kompetensi, serta selalu terbuka untuk belajar," tambahnya.

Inilah sederet tips membuat rencana karier yang bisa mulai diterapkan oleh detikers sebelum terjun ke dunia kerja. Selamat mencoba!



Simak Video "Jenis Pekerjaan yang Diminati di Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia