10 Pekerjaan yang Bakal Tergantikan oleh Robot, Cek di Sini!

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 21 Okt 2021 15:30 WIB
Robot Xavier di Singapura
Foto: doc.htx.gov.sg / @wotophy/10 Pekerjaan yang Bakal Tergantikan oleh Robot, Cek di Sini!
Jakarta - Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal ini harus menjadi perhatian para pekerja dikarenakan robot akan menggantikan beberapa profesi yang ada di dunia.

Menurut laporan BBC tahun 2019 dari analisis Oxford Economic, tahun 2030 nantinya akan nada 20 juta pekerjaan manufaktur yang dikerjakan oleh robot. Laporan tersebut juga menyebutkan, profesi yang akan digantikan memiliki kriteria keterampilan rendah, ekonomi lemah sehingga dapat mengakibatkan pengangguran yang lebih tinggi.

Apa saja daftar pekerjaan yang akan digantikan oleh robot? Simak penjelasan berikut yang dikutip dari CNBC Indonesia.

10 Pekerjaan yang Bakal Tergantikan oleh Robot

1. Perakitan dan Pekerja Pabrik

Robot akan menggantikan pekerjaan di bidang manufaktur, seperti perakitan dan pekerja pabrik. Hal ini terlihat dari komputer yang memiliki kemampuan merakit, seperti mobil.

Pemrograman robot juga tak perlu menggunakan banyak teknisi yang terampil. Contohnya, yaitu Baxter dan Sawyer dari Rethink Robotics yang dapat diprogram siapapun.

2. Sopir Bus, Taksi, dan Truk

Di masa depan nantinya tenaga supir akan semakin berkurang. Hal tersebut dikarenakan profesi ini akan digantikan oleh teknologi otonom atau otomatis.

Tidak hanya sopir bus, taksi, dan truk saja yang akan tergantikan oleh robot melainkan kendaraan berat seperti buldozer, pengeboran dan pengangkutan pertambangan, serta konstruksi juga bisa digantikan oleh robot.

3. Operator Telepon, Telemarketer, dan Resepsionis

Perkembangan teknologi voice recognition di masa depan juga akan jadi lebih canggih. Hal ini akan membuat perusahaan-perusahaan lebih memilih menggunakan mesin dibandingkan manusia untuk operator telepon, telemarketer, dan resepsionis.

4. Kasir

Saat ini beberapa swalayan maupun rumah makan sudah menggunakan self checkout atau membayar sendiri. Dengan adanya self checkout pelanggan dapat menyelesaikan belanjaannya tanpa bantuan seorang kasir.

Walaupun begitu, seorang kasir masih akan terus dibutuhkan. Namun, jumlahnya tidak akan sebanyak dulu lagi.

5. Teller dan Pegawai Bank

Dengan adanya kemudahan teknologi posisi teller dan pegawai bank menjadi berkurang. Hal ini dikarenakan orang akan dapat bertransaksi melalui gadget yang dimiliki.

Dengan begitu, aktivitas di bank, seperti layanan setoran dan tarik tunai juga akan semakin berkurang.

6. Petugas Pengepakan, Ruang Penyimpanan, dan Gudang

Petugas pengepakan, ruang penyimpanan, dan gudang di masa depan nantinya juga dapat digantikan oleh robot https://www.detik.com/tag/robot. Bahkan, hal tersebut sudah diterapkan oleh perusahaan Amazon.

7. Pekerja Farmasi

Di sejumlah tempat, apoteker atau pekerja farmasi sudah digantikan dengan robot. Adapun, tugas robot adalah memisahkan dan menangani resep pelanggan. Dengan adanya robot juga diharapkan meminimalisir kesalahan.

8. Pengumpul Informasi, Analis, dan Peneliti

Robot telah banyak ditemukan di sejumlah firma hukum. Mereka bekerja sebagai staf dan memerankan paralegal. Robot-robot tersebut juga bertugas untuk merapikan dokumen dan mencari fakta seperti nomor ponsel dan email serta password-nya.

Sedangkan, profesi analis keuangan juga telah mempekerjakan komputer guna menganalisa, menemukan pola, serta membaca tren keuangan.

9. Pilot

Militer AS telah memakai jasa drone otonom untuk tugas pengawasan sehingga dapat menyerang tanpa bantuan. Jika di masa depan teknologi semakin canggih, nantinya pekerjaan pilot mungkin dapat hilang.

10. Bartender

Profesi bartender juga dapat menggunakan sistem yang telah diprogram. Contohnya, adalah layanan Briggo yang menggunakan robot untuk membuat minuman baru dan belajar membuat minuman baru.

Bagaimana menurutmu soal pekerjaan yang bakal tergantikan oleh robot, detikers?

Simak Video "Xenobot, Robot Pertama di Dunia yang Bisa Bereproduksi"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia