3 Tips Belajar Anti Bosan Ala Sherina Munaf, Mana yang Kamu Banget?

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 22 Okt 2021 09:00 WIB
Sherina Munaf
Foto: Dok. Zenius
Jakarta - Detikers sering bosan saat mau belajar? Enggak heran, karena kata belajar kadang dianggap kaku,membosankan, bahkan mengintimidasi dengan adanya banyak rumus dan hafalan.

Nah, penyanyi, aktris, dan alumnus S1 Neuro Science University of Sydney, Sherina Munaf punya beberapa tips agar belajar lebih seru. Apa saja yang cocok buat kamu?

Tips Belajar Ala Sherina Munaf

1. Mulai dari Ide Besar

Mulai belajar dari ide besar topik membuat kita penasaran untuk menggali detailnya lebih lanjut.Mulai belajar dari ide besar topik membuat kita penasaran untuk menggali detailnya lebih lanjut. Foto: Dok. Zenius

Saat mulai belajar, Sherina mengaku biasa mengawali sesi belajar dari mengidentifikasi ide besar topik pelajarannya dulu. Ide besar topik yang menarik dan sudah dipahami, kata Sherina, membuat kita lebih termotivasi untuk menggali detail ilmu lebih jauh. Sebab, di samping jadi lebih penasaran, pembelajaran terasa lebih mudah karena sudah memahami dasar materinya untuk didalami.

"Ketika baru mulai belajar, aku biasanya mulai dari ide besarnya dulu, gak langsung ke informasi yang detail. Kalau ide besarnya udah menarik, biasanya aku akan termotivasi sendiri buat gali detailnya. Aku biasanya mulai baca-baca buku populernya dulu, baru, kalau tertarik, baca textbook untuk lebih detailnya," kata Sherina dalam keterangan tertulis, Kamis (21/10/2021).

Bila kamu sering merasa sulit memahami materi, atau sebuah materi terasa terlalu rumit, tips pertama ini cocok buat kamu terapkan. Cara ini memungkinkan kamu lebih ingat materi yang sudah dipelajari.

2. Aktif Diskusi

Berdiskusi dapat memberikan banyak pengetahuan baru dan sudut pandang yang beragam.Berdiskusi dapat memberikan banyak pengetahuan baru dan sudut pandang yang beragam. Foto: Dok. Zenius

Untuk memulai diskusi, kata Sherina, kamu bisa memunculkan obrolan mengenai suatu isu atau materi pelajaran saat berkumpul dengan teman-teman. Makin lama, kamu dan teman-teman bisa makin terbiasa untuk berdiskusi.

Orang tua, adik, atau kakak, serta followers di media sosial menurutnya juga bisa jadi teman diskusi daring dan luring. Dengan demikian, kamu bisa melatih kemampuan untuk berpikir kritis dan membangun argumen sambil mendapat pandangan dari berbagai perspektif lain.

Cara ini, kata Sherina, juga membantu kita untuk terbiasa menerima pendapat orang lain dan sekaligus tidak bosan saat belajar.

"Aku beruntung banget punya temen-temen yang asyik untuk diajak ngobrol seru. Sering kali, pas ngobrol, ada temen yang ngasih insights dari buku A, ide dari pemikir B, atau dapet pertanyaan-pertanyaan yang bikin aku mempertanyakan ulang pandanganku. Nah, diskusi bareng temen-temen kayak gini bikin aku sekaligus belajar dan menambah motivasi juga," kata Brand Ambassador platform edtech Zenius ini.

3. Baca Sejarahnya

Dengan membaca sejarah dan cerita ilmuwan, kita akan lebih menghargai ilmu.Dengan membaca sejarah dan cerita ilmuwan, kita belajar lebih menghargai ilmu. Foto: Dok. Zenius

Richard Feynman, Stephen Hawking, dan Carl Sagan adalah beberapa ilmuwan yang menjadi favorit Sherina. Bukan hanya membaca pemikiran dari para ilmuwan, tetapi Sherina juga senang membaca cerita kehidupan mereka sebagai pendorong belajar.

"Di samping membaca pemikiran ilmuwan seperti Feynman, Hawking, Carl Sagan, aku juga suka baca cerita kehidupan mereka. Dengan begitu, aku jadi tau kalau ada proses panjang di balik sebuah ide atau karya hebat. Jadi, ketika belajar, aku bisa lebih menghargai pemikiran mereka dan lebih termotivasi buat mempelajarinya," jelas Sherina.

Tidak hanya dari cerita ilmuwan, lanjutnya, kamu juga bisa mempelajari sejarah bagaimana sebuah rumus terbentuk. Di samping itu, kamu juga bisa mencari tahu apa esensi ilmu pengetahuan dan apa esensi dari belajar. Mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, kata Sherina, membantu kita untuk mengerti sebuah konsep materi, ingat lebih laman, dan kaya pengetahuan.

Itu dia tips belajar anti bosan ala Sherina Munaf. Karena cara belajar tiap orang berbeda-beda, yuk semangat untuk mencoba cara belajar yang paling sesuai buat kamu. Nah, cara mana yang paling kamu suka, detikers?



Simak Video "Perkenalkan BMW XM, Mobil Konsep yang Mewah dan Gagah Khas X Series"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia