Sosok Ezi, Doktor Cantik Berusia 26 Tahun yang Belajar Nutrisi Hewan

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 20 Okt 2021 20:01 WIB
Ezi Doktor Termuda Unand
Foto: Unand/Sosok Ezi, Doktor Cantik Berusia 26 Tahun yang Belajar Nutrisi Hewan
Jakarta - Universitas Andalas (Unand) memberikan gelar doktor pada Ezi Masdia Putri yang baru berusia 26 tahun. Ezi menyelesaikan studinya selama tiga tahun satu bulan melalui program Pendidikan Master menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU).

Ezi merupakan lulusan dari Fakultas Peternakan yang belajar di jurusan ilmu nutrisi ruminansia atau pemamah biak. Contoh hewan ruminansia yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah sapi, kerbau, dan kambing.

"Dengan gelar Doktor yang disandang diumur yang masih terbilang muda, tentu tanggung jawabnya tidak mudah," kata Ezi yang lahir di Bukittinggi ini menanggapi prestasi yang diperolehnya.

Dikutip dari laman Unand, Ezi lulus S3 dengan disertasi berjudul Optimalisasi Rasio Degradable Dan Undegradable Protein Ransum Berbasis Bahan Pakan Konvensional untuk Meningkatkan Produktivitas Sapi Potong. Hasil riset dapat menjadi pedoman dalam menyusun pakan sapi yang berkualitas.

Bersama promotor, dua artikelnya telah diterbitkan di Jurnal Internasional terindeks Scopus Q2 dan dipresentasikan di seminar internasional. Selain itu, dengan bekerja sama peneliti lain di lingkungan Faterna tujuh artikel lainnya juga telah diterbitkan di Jurnal Internasional terindeks Scopus.

Sebelum menyelesaikan pendidikan S3 berpredikat dengan pujian, Ezi telah berhasil menempuh S2 selama satu tahun. Setelah menyelesaikan program fast track PMDSU, Ezi berhara bisa menggapai mimpinya menjadi dosen dan peneliti.

Kepada semua teman yang masih menyelesaikan pendidikan, Ezi berpesan agar tidak mudah menyerah. Termasuk saat mencari beasiswa untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

"Carilah informasi dan kesempatan beasiswa, karena pemerintah banyak menyediakan peluang bagi kita untuk menggapai cita-cita dibidang pendidikan," kata Ezi.

Ezi juga berpesan jangan mudah terlena dalam mimpi ingin menyelesaikan pendidikan. Tiap mahasiswa yang kuliah di Unand atau universitas lain harus segera bangkit, melakukan aksi, dan memberikan yang terbaik versi masing-masing mencapai tujuannya.

Simak Video "Raih Gelar Doktor Dari Coventry University, Pendiri LSPR Berharap Generasi Muda Jadi Pemimpin"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia