Seperti Apa Proses Pencernaan Makanan di dalam Tubuh? Yuk Simak!

Lusiana Mustinda - detikEdu
Senin, 18 Okt 2021 21:13 WIB
Gastric Bypass for Weight Loss
Foto: Thinkstock
Jakarta - Manusia membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Energi bisa didapatkan dari mengonsumsi makanan dan minuman. Nantinya makanan akan diolah menjadi energi dalam tubuh kita.

Untuk mencerna makanan, manusia mempunyai organ-organ pencerna makanan. Sistem pencernaan dimulai dari mulut sampai anus. Setelah diproses dalam tubuh, makanan dan minuman yang dikonsumsi akan dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk feses.

Dikutip dalam buku berjudul 'Seri Sains: Sistem Pencernaan' oleh Khamim, S.Pd, fungsi sistem pencernaan adalah menerima makanan, memecah makanan menjadi zat-zat gizi (suatu proses yang disebut pencernaan), menyerap zat-zat gizi ke dalam aliran darah dan membuang bagian makanan yang tidak dapat dicerna dari tubuh.

Dilansir dalam ditsmp Kemendikbud, sistem pencernaan adalah proses yang dilakukan oleh sistem organ pencernaan untuk mengolah makanan agar dapat diserap nutrisinya dan diubah menjadi energi.

Berikut ini proses pencernaan makanan yang ada di dalam tubuh kita:

1. Mulut


Makanan pertama kali masuk ke dalam mulut. Di mulut terjadi proses pencernaan secara mekanik dan kimiawi. Untuk proses pencernaan mekanik dilakukan oleh gigi sedangkan untuk proses pencernaan kimiawi dibantu oleh beberapa enzim seperti amilasi, ptialin dan juga enzim maltase.

2. Kerongkongan


Setelah makanan diproses oleh mulut, selanjutnya makanan menuju kerongkongan terlebih dulu sebelum sampai ke lambung. Di kerongkongan, ada gerakan peristaltik (meremas-remas) yang berguna mendorong makanan menuju ke lambung.

3. Lambung


Selanjutnya proses mencerna makanan terjadi di dalam lambung ketika makanan dihaluskan dengan otot-otot yang ada di lambung. Di sini juga proses pencernaan makanan secara kimiawi melalui enzim-enzim.

Enzim pepsin berfungsi untuk mengubah protein menjadi asam amino, enzim renin untuk mengubah protein menjadi kasein dan HCL (asam klorida) yang berfungsi memecah protein serta melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan.

4. Usus halus

Setelah diproses dalam lambung selanjutnya makanan akan menuju usus halus. Usus halus terdiri dari duodenum (usus 12 jari), jejenum (usus kosong) dan ileum (usus penyerapan). Di usus makanan kembali diproses secara kimiawi yang dibantu oleh enzim-enzim dari pankreas, empedu dan hati seperti tripsin, amilase, maltase, sukrase, laktase dan lipase.

5. Usus besar

Setelah nutrisi dari makanan diserap usus halus, sisa-sisa makanan akan mengalami pembusukan dalam usus besar. Di usus besar air juga diserap sehingga nantinya makanan akan diubah menjadi feses (kotoran).

6. Rektum dan anus

Feses akan disimpan dalam rektum sebelum dikeluarkan lewat anus. Di rektum terdapat sensor yang akan mengirimkan sinyal ke otak untuk memutuskan apakah feses dikeluarkan atau tidak.

Itulah proses pencernaan makanan di dalam tubuh yang perlu siswa ketahui.



Simak Video "Ini Bahaya Jika Makan Terlalu Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia