8 Jurusan Kuliah Langka di Indonesia dan Prospek Kerjanya

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 18 Okt 2021 08:00 WIB
Studio shot of an attractive young woman looking thoughtful while using a laptop against a blue background
Foto: Getty Images/PeopleImages/8 Jurusan Kuliah Langka di Indonesia dan Prospek Kerjanya
Jakarta - Saat menentukan jurusan kuliah, ada baiknya mahasiswa berhati-hati dalam memilihnya. Calon mahasiswa bisa riset lebih dahulu dan melihat bagaimana prospek karirnya.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa jurusan kuliah langka yang tidak begitu memiliki banyak peminat namun memiliki prospek karir yang baik. Jurusan apa saja itu? Berikut adalah daftarnya yang dirangkum oleh detikEdu,

8 jurusan kuliah langka di Indonesia dan prospek kerjanya

1. Aktuaria

Program Studi Ilmu Aktuaria memang masih terdengar awam di telinga masyarakat karena jurusan ini tergolong baru di Indonesia. Jurusan yang terdapat di IPB, UI, UGM, dan ITB ini muncul pada 2017.

Aktuaria sering disebut sebagai Matematika Asuransi. Selain itu, ilmu aktuaria juga mempelajari bidang ilmu pendukung lainnya, seperti matematika, statistika, algoritma dan pemrograman, akuntansi, ekonomi, manajemen, serta bidang ilmu terkini seperti ilmu data (data science) dan big data.

Lulusan dari jurusan ini dapat bekerja di lembaga pemerintahan maupun swasta, tenaga aktuaria di Indonesia sendiri juga masih sedikit jumlahnya. Sehingga merupakan kesempatan yang baik untuk mengambil jurusan Aktuaria.

2. Data science

Jurusan kuliah langka lainnya adalah Data Science. Data scientist sendiri juga merupakan profesi yang paling dicari di masa depan.

Data science mempelajari segala hal yang berhubungan dengan data komputer. Lulusan data science diharapkan memiliki kemampuan untuk mengumpulkan data, menganalisis data, mumpuni dalam ilmu statistika, data wrangling, transformasi data, dan beberapa bahasa pemrograman.

Prospek karir jurusan ini yaitu data scientist, data analyst, business analyst, data engineer, hingga arsitek big data.

Beberapa kampus yang menawarkan jurusan ini di antaranya, Binus University, Universitas Airlangga (Unair), Universitas Nusa Mandiri (UNM), Universitas Teknologi Yogyakarta, dan Universitas Katolik Parahyangan.

3. Artificial Intelligent (AI)

Jurusan AI hanya dapat kamu pelajari di Universitas Airlangga. Jurusan ini mempelajari sains dasar (terutama matematika dan fisika), teknologi informasi seperti algoritma, pemrograman, jaringan komputer dan IoT, dasar dari sistem siber-fisik (mekatronika, elektronika, sistem kontrol dan otomasi, sistem embedded).

Kemudian, dipelajari pula desain dan aplikasi robotika dan kecerdasan buatan serta integrasinya, metodologi penelitian, kewirausahaan, serta komunikasi profesional.

Berbagai pilihan profesi dari lulusan ini yakni, tenaga ahli otomasi industri, tenaga ahli kecerdasan buatan, tenaga ahli robotika, tenaga ahli pengaplikasian komputer tertanam (embedded system) dan tenaga ahli pengembang perangkat lunak. Atau pun bekerja di bagian riset dan pengembangan (R&D) di institusi, lembaga, dan perusahaan.

4. Teknik nuklir

Mahasiswa jurusan Teknik Nuklir harus memahami pelajaran fisika dan matematika. Sebabnya, mereka akan sering terlibat dengan persoalan hitung-menghitung.

Universitas Gadjah Mada (UGM) menawarkan jurusan Teknik Nuklir ini. Bagi lulusannya, lebih baik mencari peluang karir di luar negeri karena prospeknya lebih terbuka lebar.

5. Astronomi

Jurusan ini juga memiliki jumlah peminat yang sedikit. Walau begitu, peluang karir bagi lulusannya terbilang menjanjikan.

Salah satu prospeknya adalah bekerja di Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan menjadi peneliti bidang astronomi. Jurusan ini terdapat di ITB.

6. Ilmu keluarga dan konsumen

Jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen terdapat di Institut Pertanian Bogor (IPB). Di jurusan ini akan belajar mengenai peningkatan ketahanan keluarga, kualitas perlindungan anak, hingga pemberdayaan keluarga.

Jurusan ini cocok untuk kalian yang ingin berkarier di bidang pemberdayaan keluarga.

7. Manajemen industri katering

Bagi detikers yang ingin menjadi pengusaha katering sangat disarankan untuk masuk ke jurusan Manajemen Industri Katering di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Jurusan ini akan membahas tentang manajemen operasional usaha kuliner.

8. Teknologi batik

Jurusan kuliah langka yang terakhir adalah Teknologi Batik. Ternyata tentang batik tidak hanya mengukir pola-pola batik saja melainkan di jurusan ini akan mendalami batik dari filosofinya hingga menjadi produk yang berupa kain batik. Jurusan ini terdapat di Universitas Pekalongan (Unikal).

Jurusan ini cocok bagi kalian yang tertarik menjadi seorang pengrajin batik hingga wirausahawan batik.

Itu tadi adalah deretan jurusan kuliah langka yang ada di Indonesia. Bagaimana detikers apakah tertarik masuk ke salah satunya?

Simak Video "Jurusan Sepi Peminat di Unair, Apa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia