7 Jurusan Kuliah Langka dengan Prospek Karier Menjanjikan

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 02 Sep 2021 07:01 WIB
Pekerja membuat saluran drainase di Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (16/12/2019). Proyek tersebut merupakan salah satu langkah perbaikan sistem drainase untuk mengantisipasi banjir saat hujan turun.
Lulusan jurusan langka seperti teknik pengairan diharapkan mampu mengatasi permasalahan terkait keairan seperti drainase (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Membicarakan soal kuliah, tentunya ada sebagian jurusan yang sangat diminati calon mahasiswa, disebabkan peluang kerjanya yang bagus. Contohnya, Psikologi, seputar teknik, Ekonomi, dan lain sebagainya.

Selain prodi favorit ada juga sejumlah jurusan langka yang tak semua perguruan tinggi memilikinya. Karena lulusannya yang terbilang sedikit prospek kariernya cukup menjanjikan. Dikutip dari STIE Bhakti Pembangunan Jakarta, ini dia para jurusan tersebut.

1. Jurusan Kriminologi

Jurusan ini mempelajari secara mendalam permasalahan yang ada di dunia kriminal. Di dalamnya, mahasiswa akan belajar soal identifikasi masalah hingga bagaimana langkah mengatasi masalah kriminal.

Dalam jurusan Kriminologi turut diajarkan perilaku pelaku kriminal. Di Indonesia, Universitas Indonesia, Universitas Budi Luhur, dan Universitas Islam Riau menawarkan jurusan ini.

2. Jurusan Filsafat

Wajar apabila jurusan Filsafat mempunyai jumlah peminat yang minim. Jurusan ini menuntut kemampuan untuk menunjukkan fakta sebab-akibat.

Meski sepi peminat, lulusan jurusan ini dapat berkarir sebagai seorang jurnalis maupun penulis.

Jurusan ini hanya ada dibeberapa perguruan tinggi seperti misalnya Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, dan Universitas Katolik Parahyangan.

3. Jurusan Pengetahuan Perpustakaan

Jurusan langka selanjutnya adalah Pengetahuan Perpustakaan. Jurusan ini mengajari para mahasiswa menghimpun, mempelajari, mengendalikan, dan menyebarluaskan info yang ada di suatu buku.

Lulusan jurusan ini dapat bekerja di sektor pemerintahan maupun menjadi seorang pustakawan. Berkuliah di jurusan Pengetahuan Perpustakaan juga akan memperluas cakupan wacana.

4. Jurusan Teknik Nuklir

Mahasiswa jurusan Teknik Nuklir harus memahami pelajaran Fisika dan Matematika. Sebabnya, mereka akan sering terlibat dengan persoalan hitung-menghitung.

Universitas Gadjah Mada (UGM) menawarkan jurusan Teknik Nuklir ini. Bagi lulusannya, lebih baik mencari peluang karir di luar negeri karena prospeknya lebih terbuka lebar.

5. Jurusan Arkeologi

Arkeolog adalah seseorang yang melakukan studi terhadap prasasti, artefak, dan peninggalan sejarah yang lain. Pekerjaan sebagai seorang arkeolog merupakan hal yang sulit.

Para arkeolog perlu mempelajari bentuk peninggalan bersejarah dan menghubungkannya dengan kebudayaan manusia di zaman dahulu. Maka, mereka dapat mengetahui usia peninggalan tersebut.

Selain menarik untuk dipelajari, jurusan ini memberi peluang untuk menjelajahi berbagai daerah guna melakukan riset.

6. Jurusan Teknik Pengairan

Sebagai negara agraris, lulusan Teknik Pengairan amat dibutuhkan. Jurusan teknik pengairan mempelajari ilmu-ilmu dari teknik sipil mengenai perencanaan desain, pengoperasian, dan pemeliharaan bangunan yang berkaitan dengan sumberdaya air.

Lulusannya diharapkan mampu mengatasi permasalahan di lahan pertanian, permasalahan drainase di perkotaan, penurunan muka air tanah dan intrusi air laut, kekeringan, hingga pengelolaan wilayah administrasi dan Daerah Aliran Sungai (DAS).

Jurusan Teknik Pengairan hanya tersedia di dua universitas di Indonesia yaitu Universitas Brawijaya dan Institut Teknologi Bandung.

7. Jurusan Astronomi

Jurusan ini juga memiliki jumlah peminat yang sedikit. Walau begitu, peluang karier bagi lulusannya terbilang menjanjikan.

Salah satu prospeknya adalah bekerja di Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan menjadi peneliti bidang astronomi.

Inilah deretan jurusan langka di Indonesia dengan prospek karir menjanjikan. Adakah yang menarik minat detikers?

Simak Video "Jokowi Sarankan Mahasiswa Kedokteran Juga Belajar Robotik"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia