Puasa Kafarat: Niat dan Jenisnya yang Perlu Dipahami Pelajar

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Jumat, 15 Okt 2021 13:45 WIB
Cara Sederhana Nabi Muhammad SAW saat Sahur dan Berbuka Puasa
Foto: iStock/Puasa Kafarat: Niat dan Jenisnya yang Perlu Dipahami Pelajar
Jakarta - Puasa kafarat adalah salah satu puasa wajib yang tidak boleh ditinggalkan oleh umat muslim. Pasalnya, secara bahasa, kafarat mengandung arti mengganti, menutupi, membayar, dan memperbaiki sebagaimana yang dikutip dari kitab Al-Fiqhul Islamy wa Adillatuhu oleh Wahbah Az-Zuhaili.

Kafarat harus dilaksanakan seseorang yang telah melakukan kemaksiatan hingga mengharuskannya membayar kafarat. Karena itu, definisi puasa kafarat adalah puasa untuk menebus dosa atau sebagai denda karena melakukan sesuatu yang dilarang agama Islam.

Mengutip dari buku Panduan Terlengkap Ibadah Muslim "Sehari-Hari" karya KH Muhammad Habibillah, pada dasarnya puasa kafarat hukumnya wajib karena bertujuan untuk menutup dosa yang diperbuat sebelumnya.

"Tujuannya adalah untuk menutup dosa tersebut sehingga tidak ada lagi pengaruh dosa yang diperbuat, baik di dunia maupun di akhirat. Kafarat, dalam Islam, hukumnya wajib ditunaikan agar seseorang bisa terbebas dari dosa yang ia lakukan," tulis KH. Muhammad Habibillah.

Anjuran berpuasa kafarat juga dicontohkan Rasulullah SAW, seperti yang dinukil dari Abu Hurairah. Berikut bunyi haditsnya,

عَنْ اَبِيْ هُرَيْرَةَ رض قَالَ : اِنَّ رَجُلًا اَفْطَرَفِى رَمَظَانَ فَأَمَرَهُ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَنْ يُكَفِرَ بِعِتْقِ وَقَبَةٍ اَوْصِيَامِ شَهْرَ يْنِ مُتَتَابِعَيْنِ اَوْاِطْعَامِ سِتِّيْنَ مِسْكِيْنًا

Artinya: Dari Abu Hurairah RA, ia berkata: Bahwa seorang laki-laki berbuka pada bulan Ramadhan, Maka Rasulullah SAW menyuruhnya membayar kafarat dengan memerdekakan seorang budak, atau berpuasa selama dua bulan terus-menerus atau memberi makan kepada 60 orang miskin."

Bagi yang ingin melakukan puasa kafarat, berikut penjelasan niat dan jenis pelanggaran yang mengharuskan puasa

A. Niat puasa kafarat

Meskipun puasa kafarat adalah puasa penebus kesalahan, namun tata cara pelaksanaannya masih sama dengan puasa wajib lainnya. Baik dari segi syarat maupun rukunnya. Perbedaannya hanya terletak pada lafal niatnya.

Terkait niat puasa kafarat, hendaknya seseorang yang akan menunaikan puasa kafarat mulai membaca niat di malam harinya. Tidak ada lafal yang jelas secara langsung dari Rasulullah SAW, namun bacaan niat berikut dapat dilafalkan saat hendak berpuasa kafarat,

نوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ لِكَفَارَةِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu sauma gadin likaffarin lillahi ta'ala

Artinya: "Saya niat puasa esok hari untuk menunaikan kafarat (dalam hati menyebutkan puasa kafaratnya) fardhu karena Allah Ta'ala"

B. Macam-macam kafarat

Melansir dari Panduan Muslim Kaffah Sehari-hari dari Kandungan hingga Kematian karya Dr. Muh. Hambali, M.Ag., ada beberapa bentuk pelanggaran yang mengharuskan seseorang untuk mengerjakan puasa kafarat. Berikut ini bentuk-bentuk pelanggaran sekaligus aturan puasa kafaratnya yang wajib dikerjakan.

  • Berhubungan badan di siang hari bulan Ramadhan. Salah satu kafaratnya adalah berpuasa selama 60 hari berturut-turut.
  • Membunuh seorang muslim tanpa sengaja. Salah satu kafaratnya adalah berpuasa selama 60 hari berturut-turut.
  • Puasa kifarat harus dilakukan apabila suami suami melakukan zhihar (menyamakan istri dengan wanita mahram). Suami haram hukumnya berhubungan intim dengan istri yang di-zhihar. Jika sampai melakukan hubungan intim, maka ia harus membayar kafarat, salah satunya berpuasa selama 60 hari berturut-turut.
  • Melanggar sumpah. Seseorang yang melanggar sumpah wajib membayar kafarat, salah satunya adalah berpuasa selama 3 hari.
  • Membunuh binatang buruan saat ihram. Salah satu kafaratnya adalah berpuasa sejumlah hari yang seimbang dengan banyaknya mud makanan yang seharusnya ia keluarkan.

Nah, gimana detikers? Sudah bisa dipahami bukan bahwa puasa kafarat adalah puasa penebus kesalahan? Semoga bermanfaat ya.

Simak Video "Kunci Puasa Lancar, Ahli Gizi: Penting Makan Sahur"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia