Ini Fungsi Tulang Pengumpil, Tulang Hasta dan Tulang Lengan Atas

Olivia Sabat - detikEdu
Kamis, 07 Okt 2021 15:42 WIB
guru yang memakai baju bergambar organ tubuh saat mengajar
Foto: Facebook / Groene Hart Rijnwoude School
Jakarta - Tulang pengumpil adalah salah satu tulang yang membentuk anggota gerak bagian atas, yaitu lengan atau tangan. Namun, tahukah kamu apa fungsi tulang pengumpil?

Tulang anggota gerak bagian atas memiliki fungsi untuk melakukan berbagai aktivitas. Perlu diketahui, satu tangan terdiri atas:
1. Tulang lengan atas
2. Tulang pengumpil
3. Tulang hasta
4. 8 ruas pergelangan tangan
5. 5 ruas telapak tangan
6. 14 tulang jari tangan

Nah, kali ini kita akan membahas fungsi tulang pengumpil, tulang hasta, dan tulang lengan atas. Jadi, simak dengan baik, ya.

Fungsi Tulang Pengumpil, Hasta, dan Lengan Atas

1. Fungsi Tulang Pengumpil

Tulang pengumpil memiliki bentuk seperti pipa yang kuat dan padat. Posisi tulang pengumpil memanjang dari tulang ibu jari sampai ke bagian siku.
Berdasarkan Modul Biologi Kelas XI: Sistem Gerak Pada Manusia, antara tulang pengumpil dan tulang hasta terdapat sendi putar yang memungkinkan keduanya melakukan gerakan rotasi. Dengan begitu, salah satu fungsi tulang pengumpil, yakni membantu gerak rotasi pergelangan tangan.
Fungsi tulang pengumpil lainnya adalah menyusun kerangka lengan bawah, menjadi tempat melekatnya otot, dan menghubungkan pergelangan tangan dan lengan atas.

2. Fungsi Tulang Hasta

Tulang hasta berada di lengan bagian bawah tangan manusia dan menjadi penghubung antara pergelangan tangan dan lengan atas manusia. Secara spesifik, tulang hasta berada tepat di tulang jari kelingking dan memanjang sampai siku.
Sama seperti tulang pengumpil, tulang hasta juga memiliki fungsi membentuk struktur lengan bawah, membantu rotasi pergelangan tangan, menjadi tempat melekatnya otot, dan membentuk humerus serta sendi siku.

3. Fungsi Tulang Lengan Atas

Tulang lengan atas memiliki nama lain, yaitu humerus yang berasal dari bahasa Latin. Tulang ini berada di antara sendi bahu dan sendi siku.

Tulang lengan atas memiliki fungsi utama, yaitu sebagai tempat melekatnya banyak otot penting sekaligus mendukung pergerakan lengan. Fungsi tulang lengan atas lainnya adalah menghubungkan sendi putar di bagian bahu, mengangkat tangan ke atas dan menurunkannya ke bawah, merentangkan tangan, menggerakkan lengan ke bagian belakang dan depan tubuh, menekuk bagian siku, dan memberikan gerakan di sendiri bahu.

Nah, itu dia penjelasan mengenai fungsi tulang pengumpil, tulang hasta, dan tulang lengan atas yang bisa menambah pengetahuanmu mengenai sistem gerak tubuh manusia.



Simak Video "Bikin Laper: Empuknya Sop Tulang dan Tulang Iga Bakar"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia