Mengenal Tentang Sendi Peluru

Tim detikEdu - detikEdu
Sabtu, 17 Apr 2021 17:36 WIB
Woman holding wirst.
Ilustrasi Mengenal Sendi Peluru (Foto: iStock)
Jakarta - Mendengar istilah Sendi Peluru mungkin masih banyak detikers yang belum mengetahuinya. Padahal jenis sendi yang satu ini memiliki peran yang penting lho di dalam tubuh kita. Penasaran? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Mengenal Tentang Sendi Secara Umum

Istilah atau kata sendi memang sudah tak asing lagi di telinga semua orang. Hampir semua orang pasti bisa menunjukkan bagian tubuh mana sih yang disebut dengan sendi atau persendian ini. Tapi sebenarnya pengertian sendi itu apa sih?

Pada dasarnya sendi atau merupakan bagian tubuh yang memiliki fungsi untuk menghubungkan antar tulang. Dengan kata lain dengan adanya sendi ini, maka antara jenis tulang yang satu dengan yang lainnya bisa digerakkan.

Sendi Terbentuk Dari Apa?

Setelah mengetahui definisi dari sendi, maka selanjutnya detikers juga perlu mengetahui tentang komponen - komponen apa sajakah yang membentuk sendi - sendi dalam tubuh manusia ini. Berikut ini adalah beberapa komponen yang dimaksud.

1. Ligamen

Ligamen adalah sebuah jaringan yang bentuknya menyerupai pita. Ligamen ini berupa serabut yang mana fungsinya adalah mengikat tulang dan sendi. Tujuannya agar ketika tulang dan sendi bergerak tidak akan berubah atau berpindah posisi.

2. Cairan Sinoval

Untuk bisa menggerakkan antara satu tulang dengan tulang yang lainnya, maka sendi membutuhkan sebuah cairan pelumas yang bernama cairan Sinoval. Fungsi dari cairan ini adalah agar sendi dan tulang bisa bergerak fleksibel tanpa menimbulkan rasa sakit.

3. Tulang Rawan

Di Setiap ujung tulang terdapat selaput tulang yang bernama tulang rawan hialin. Fungsi dari adanya tulang rawan ini adalah untuk melindungi atau menjaga tulang dan sendi dari adanya benturan.

4. Kapsula Sendi


Bagian terakhir dari sendi yaitu kapsula sendi. Kapsula sendi ini berupa serabut dimana fungsi utamanya adalah menghubungkan antara 2 tulang.
Dengan adanya penjelasan di atas tentunya detikers sudah memiliki sedikit gambaran tentang sendi bukan?

Apa Itu Sendi Peluru?

Seperti yang detikers ketahui bahwa manusia tentu akan selalu bergerak untuk melakukan berbagai aktivitas. Nah, hal ini bisa terjadi berkat adanya sendi - sendi yang ada di dalam tubuh.

Jenis sendi sendiri sangatlah banyak. Masing - masing sendi tentunya memiliki fungsi dan manfaatnya masing - masing. Namun tentunya antara satu dengan yang lainnya akan saling berkaitan.

Di antara sekian banyaknya jenis sendi yang ada, salah satunya adalah Sendi Peluru. Sendi Peluru ini merupakan persendian yang bisa membuat antar tulang bisa bergerak dengan bebas. Hal ini karena bentuk dari sendi yang satu ini berupa lekukan sehingga porosnya bisa bergerak ke segala arah. Sendi ini biasanya ditemukan pada beberapa bagian tubuh seperti :

1. Panggul
2. Paha
3. Bahu
4. Lengan atas

Sendi ini termasuk ke dalam kategori sendi gerak yang mana jenis gerakannya bisa ke segala arah. Hal ini disebabkan tidak adanya jaringan ikat yang menghubungkan antar tulang.
Karena Sendi Peluru salah dari tulang gerak, maka tak heran jika Sendi Peluru ini cukup rawan terkena masalah, misalnya saja.

1. Radang Sendi


Radang sendi terjadi akibat akibat peradangan pada persendian ini biasanya akan ditandai dengan rasa kaku pada sendi sehingga persendian menjadi sulit untuk digerakkan.

2. Nyeri Sendi

Nyeri pada sendi bisa memicu kondisi yang tidak nyaman. Ada banyak pemicu terjadinya nyeri sendi dimana salah satunya akibat terjadinya radang pada bagian bantalan sendi.

3. Osteoarthritis

Osteoarthritis umumnya dialami oleh mereka yang sudah lanjut usia. Hal ini terjadi karena penuaan tubuh salah satunya ditandai dengan berkurangnya kepadatan tulang dan sendi sehingga memicu rasa sakit pada persendian maupun tulang.

4. Rheumatoid Arthritis

Terakhir ada Rheumatoid Arthritis yaitu penyakit autoimun yang mana memicu terjadinya masalah atau kelainan pada lapisan sendi.

Dengan beberapa penyakit yang sudah disebutkan di atas, pastinya detikers wajib menjaga kesehatan tulang dan sendi. Jika mengalami keluhan yang mengganggu aktifitas, segera konsultasi dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Simak Video "Rossi Finis Ke-11 di Le Mans, Catatan Terbaik Musim Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia