Selaput yang Membungkus Paru-Paru: Sebutan, Jenis, dan Fungsinya

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 08 Sep 2021 11:30 WIB
Paru-paru
Foto: Getty Images/ericsphotography
Jakarta - Pernapasan manusia tersusun dari mulai paru-paru, rongga hidung, pangkal tenggorok atau faring, batang tenggorok atau trakea, cabang batang tenggorok atau bronkus, dan anak cabang batang tenggorok atau bronkiolus, demikian dikutip dari IPA Terpadu SMP Kelas VIII A karya Agung Wijaya.

Paru-paru terletak di dalam rongga dada bagian atas. Selaput yang membungkus paru-paru disebut pleura.

Selaput tersebut berfungsi menjaga paru-paru dari gesekan saat mengembang dan mengempis. Berikut ini jenis pleura:

1. Pleura visceralis, yakni selaput bagian dalam yang langsung membungkus paru-paru. Selaput ini juga disebut pleura dalam.

2. Pleura parietalis, yakni selaput yang membungkus rongga dada yang bersebelahan dengan tulang rusuk. Selaput ini disebut pleura luar.

Antara selaput dalam dan luar, ada rongga berisi cairan pelura yang gunanya sebagai pelumas paru-paru. Dinding rongga pleura ini juga sifatnya permeabel terhadap air atau zat lain.

Susunan paru-paru

Paru-paru terdiri bronkiolus, alveolus, jaringan elastik, dan pembuluh darah. Paru-paru memiliki bentuk seperti spons elastis yang memiliki ruang lebar untuk pertukaran gas di dalamnya.

Lalu, alveolus terletak di ujung akhir bronkiolus dan berbentuk kantung kecil yang salah satu sisinya terbuka. Sehingga, mirip busa atau sarang tawon.

Alveolus memiliki selaput tipis di mana banyak kapiler darah di sana. Hal ini memungkinkan pertukaran gas atau difusi.

Mekanisme Pernapasan

Saat bernapas, manusia mengalami mekanisme menghirup udara atau inspirasi dan menghembuskan udara atau ekspirasi. Saat inspirasi, diafragma dan otot dada mengalami kontraksi, rongga dada membesar, paru-paru menggembung, dan udara masuk ke paru-paru.

Saat ekspirasi, udara berada di dalam paru-paru selama beberapa detik, lalu diafragma dan otot dada mengalami relaksasi, rongga dada serta paru-paru kembali normal, dan udara keluar.

Berdasarkan aktivitas ototnya, ada dua jenis pernapasan yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut.

Membesarkan dan mengecilkan dada disebut pernapasan dada. Sementara membesarkan dan mengecilkan perut disebut pernapasan perut.

Jadi, kini detikers sudah tahu ya, selaput yang membungkus paru-paru disebut pleura. Ingat terus informasi tentang pernapasan di atas ya detikers!



Simak Video "Perbandingan Paru-paru Pasien COVID-19 yang Divaksin dan Belum"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia