Sering Begadang dan 6 Kebiasaan Ini Ternyata Dimiliki Orang Ber-IQ Tinggi, Kamu Punya?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 29 Sep 2021 13:50 WIB
German born American physicist Albert Einstein (1879 - 1955), 1946.   (Photo by Central Press/Getty Images)
Foto: Getty Images/Sering Begadang dan 6 Kebiasaan Ini Ternyata Dimiliki Orang Ber-IQ Tinggi, Kamu Punya?
Jakarta -

Tanpa disadari kebiasaan yang dilakukan sehari-hari nyatanya bisa terpengaruh dari kecerdasan seseorang. Hal ini bisa terlihat dari kebiasaan orang dengan IQ tinggi yang sering dianggap 'aneh'.

Menurut healthline.com, dalam Psikologi para ahli telah menemukan berbagai cara untuk melihat kecerdasan manusia, salah satunya adalah dengan tes IQ. Penilaian ini secara khusus dirancang untuk mengukur bakat dan kemampuan.

Namun, banyak ahli percaya bahwa satu tes tidak dapat memberikan gambaran yang jelas tentang kecerdasan, sebagian karena ada beberapa jenis kecerdasan yang perlu dipertimbangkan.

Dari beberapa hal yang dapat mengungkapkan kecerdasan seseorang tersebut, ternyata ada beberapa kebiasaan yang dapat dihubungkan dengan tingkat pembelajaran, pemecahan masalah, dan kreativitas yang lebih tinggi.

Bahkan kebiasaan yang muncul pada orang IQ tinggi kerap dianggap 'aneh' atau kurang wajar. Apa saja kebiasaan tersebut?

Sering begadang

Sebagian besar orang akan menghubungkan begadang dengan kondisi kesehatan. Namun dalam hal kebiasaan orang ber-IQ tinggi, memiliki waktu yang banyak adalah cara yang tepat untuk berpikir dan berkarya.

Biasanya orang dengan golongan ini cenderung memiliki jam tidur yang lebih sedikit. Mereka lebih memilih untuk menghabiskan waktu istirahat dengan hal produktif.

Bagi banyak orang mungkin tidak suka dengan kebiasaan ini karena kurang sehat untuk tubuh. Tetapi bagi orang ber-IQ tinggi, cara ini lebih nyaman dilakukan dibanding waktu kerja pagi hari.

Menyadari dan mengakui kesalahan


Orang dengan IQ tinggi selalu menempatkan kebenaran sebagai hal yang objektif. Ketika terjadi sebuah kesalahan, orang cerdas akan menyadari kesalahan terlebih dahulu dan mengakuinya sebagai sebuah pembelajaran.

Hal ini dikarenakan orang yang memiliki IQ tinggi cenderung memiliki otak yang mampu memahami sudut pandang orang lain sehingga tidak takut untuk mengakuinya.


Menyadari kekurangan dan mengkritik diri sendiri

Banyak orang mungkin berpikir bahwa orang orang cerdas itu pasti percaya diri. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa orang cerdas tidak demikian.

Dalam sebuah studi tahun 1999 dari Cornell University, para ilmuwan menemukan bahwa orang yang tidak kompeten tidak dapat mengenali ketidakmampuannya, sehingga menyebabkan penilaian diri meningkat.

Studi ini juga menemukan bahwa orang yang sangat kompeten cenderung meremehkan kemampuan mereka. Hal itu dikarenakan mereka tahu seberapa banyak pengetahuan yang ada di luar sana. Alih-alih terlalu percaya diri, mereka cenderung mengkritik diri sendiri.

Klik selanjutnya...

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia