5 Tips Lolos Masuk Google, Fresh Graduate Wajib Tahu Nih!

Trisna Wulandari - detikEdu
Senin, 27 Sep 2021 21:00 WIB
Google Doodle
Tips lolos wawancara dan masuk Google. Foto: Google
Jakarta - Berminat kerja di Google ? Raksasa produk dan layanan internet ini dikenal dengan beragam pertanyaan unik dan tricky yang harus dihadapi pelamar kerjanya saat wawancara.

Marketing Director Google's Youtube & NBU untuk Indonesia, Filipina, dan Asia Tenggara Veronica Sari Utami mengatakan, terlepas dari lowongan kerja pada posisi dan departemen apapun yang dilamar, ada empat atribut penting yang diperhatikan dari kandidat karyawan di Google. Apa saja?

5 Tips Masuk Google untuk Fresh Graduate


1. Kemampuan Kognitif atau Memecahkan Masalah

Veronica mengatakan, pekerjaan apapun yang dilamar, aspek pertama yang dilihat adalah kemampuan seorang kandidat untuk bisa mencari solusi untuk semua masalah yang dialami.

"Dan ini bukan masalah IQ, bukan masalah seberapa cerdas orangnya, tetapi bagaimana orang ini bisa belajar dengan cepat, memproses permasalahan secara mendadak apapun yang dia hadapi, bagaimana kemampuannya untuk mengumpul berbagai informasi atau data menjadi sebuah solusi," kata Veronika dalam pembukaan online job fair dan workshops Bridges to the Future: ASEAN Youth Employment yang didukung Kormo Jobs dari Google, Senin (27/9/2021).

2. Punya Kepemimpinan

Veronica menekankan, kepemimpinan bukan soal apakah suatu hari seorang kandidat bisa jadi manager atau direktur. Tetapi, ketika seorang fresh graduate baru lulus dan mulai bekerja, yang dicari adalah kemampuan seseorang untuk memimpin diri sendiri.

"Seperti bagaimana dia menemukan masalah tapi tidak putus asa, lalu bisa segera bangkit, membangkitkan motivasi sendiri untuk mencari pemecahannya. Lalu juga ada saatnya punya keberanian untuk memimpin orang lain, atau memimpin usaha atau prosesnya," kata Veronika.

Ia menambahkan, kepemimpinan pada level karier tinggi juga berarti tahu kapan memberi ruang untuk orang lain menjadi pemimpin.

"Bila sudah mencapai level tinggi, tahu kapan harus melangkah mundur dan kapan harus berhenti agar tidak memaksakan sesuatu, membiarkan orang lain menjadi pemimpin juga," imbuhnya

3. Googliness

Veronica menjelaskan, googliness adalah sifat-sifat yang sangat spesifik dalam budaya Google pada umumnya. Ia menjelaskan, googliness juga termasuk sikap seseorang untuk berani menantang situasi yang begitu-begitu saja dan memberikan alternatif yang benar.

"Ketika terjadi situasi yang begitu-begitu saja, ada status quo, dia berani menantang, memberikan alternatif. Lalu apakah dia melakukan hal yang benar, misal dalam suatu pilihan yang etis dan tidak etis: tidak etis tetapi mudah, etis tetapi sulit, mana yang dilakukan?" katanya.

4. Kepedulian pada Orang Lain

Kepedulian, kata Veronica, juga mencakup sikap peduli seorang kandidat pada orang lain, pada tim, dan pada customer yang dilayani.

5. Kemampuan Relevan

Kemampuan spesifik yang sesuai dengan posisi lamaran tujuan, kata Veronica, menjadi hal mendasar yang akan dicari di Google.

"Apakah dia punya kemampuan spesifik pada yang dia apply, misalnya kemampuan sales jika melamar posisi Sales, lalu kemampuan marketing jika melamar posisi Marketing," jelasnya.

Nah, itu dia tips lolos masuk Google. Udah lebih kebayang ya detikers seperti apa kandidat yang dicari Google? Selamat berjuang, ya!



Simak Video "Presiden Baru Iran Diajak Keliling Istana Presiden"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia