9 Tips Pilih Tempat Kursus IELTS Online agar Skor Impian Tercapai!

Sponsored - detikEdu
Selasa, 14 Sep 2021 18:36 WIB
adv golden english
Foto: Shutterstock
Jakarta - International English Language Testing System atau disingkat IELTS merupakan salah satu tes kecakapan berbahasa Inggris yang populer di dunia. Sertifikat IELTS dapat digunakan untuk berbagai keperluan akademik dan non-akademik. Misalnya untuk studi atau bekerja di luar negeri, melamar beasiswa, hingga imigrasi.

Bagi kamu yang berencana untuk lanjut kuliah atau berkarir di luar negeri, terutama di negara-negara benua Eropa, maka mengambil tes IELTS lebih disarankan daripada ikut tes bahasa Inggris yang lain seperti TOEFL atau TOEIC. Alasannya karena IELTS dikelola langsung oleh institusi-institusi top di Eropa. Berbeda dengan TOELF/TOEIC yang dikelola oleh ETS, lembaga asal Amerika Serikat.

Sebelum mengambil tes IELTS, adalah penting bagi kamu untuk mengetahui beberapa informasi umum tentang ujian ini serta melakukan persiapan seoptimal mungkin. Contohnya dengan ikut kursus IELTS online sebelum ujian agar peluang untuk raih skor IELTS impian pun semakin besar.

Informasi Umum tentang IELTS

1. Apa itu IELTS?

IELTS adalah sistem tes bahasa Inggris Internasional yang popular di dunia, dikelola dan diselenggarakan secara bersama-sama oleh Universitas Cambridge, British Council, dan IDP Education Australia. Tes IELTS menguji kemampuan bahasa Inggris peserta secara keseluruhan dengan membagi soal menjadi 4 bagian utama, yaitu listening, speaking, reading, dan writing.

2. Jenis-jenis IELTS

Terdapat dua jenis tes IELTS, yaitu IELTS Academic dan IELTS General Training. IELTS Academic diperuntukkan bagi siswa yang ingin mendaftar untuk program sarjana atau pascasarjana di universitas dan perguruan tinggi di negara berbahasa Inggris.

Sementara IELTS General Training ditujukan bagi siswa yang ingin lanjut pendidikan menengah, profesional yang ingin melamar kerja atau ikut pelatihan kerja, hingga orang-orang yang mencari imigrasi di beberapa negara berbahasa Inggris seperti Kanada, Selandia Baru, Australia, dan Inggris.

3. IELTS diterima di mana saja?

Sertifikat IELTS dapat digunakan untuk melamar di 11.000 institusi di 140 negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Australia, Kanada, Selandia Baru, dan lain-lain sebagaimana dilansir dari situs IELTS Asia. Jadi, IELTS bukan hanya diterima di institusi-institusi Eropa lho, tapi juga sudah diakui secara internasional.

4. Tempat dan jadwal Tes IELTS

IELTS diselenggarakan hingga 4 kali dalam sebulan atau 48 kali dalam setahun. Di Indonesia, kamu bisa mengikuti tes IELTS di beberapa tempat (umumnya di kota-kota besar) yang sudah disediakan oleh institusi penyelenggara resmi IELTS di Indonesia seperti British Council, IALF, dan IDP.

Untuk hasil tes IELTS sendiri, biasanya keluar dalam 13 hari setelah pelaksanaan ujian dan dapat dicek secara online atau dengan datang langsung ke tempat penyelenggara tes. Kunjungi situs ielts.org untuk mengetahui update terbaru jadwal dan tempat pelaksanaan tes IELTS di Indonesia.

Kamu juga bisa mendaftar IELTS Official Test melalui Golden English dengan biaya sama, staff GE akan membantu proses administrasi Anda dari awal hingga Anda mendapatkan sertifikat. Klik https://golden-course.com/test-ielts-golden-english/ untuk informasi lebih lengkapnya.

5. Rentang skor IELTS

Rentang skor IELTS adalah 0 - 9. Umumnya, standar minimum nilai IELTS yang diminta oleh institusi adalah 6. Tetapi kamu jangan berpatokan di sini, sebab ada juga beberapa universitas atau institusi yang mensyaratkan nilai IELTS minimum kurang atau lebih dari 6.

6. Durasi Tes IELTS

Durasi waktu pengerjaan tes IELTS adalah 2 jam 45 menit, terdiri dari seksi Listening 30 menit, Reading 60 menit, Writing 60 menit, dan Speaking maksimal 15 menit.

7. Harga tes IELTS

Saat artikel ini ditulis, biaya untuk ikut ujian IELTS berkisar antara Rp 2.900.000 - Rp 3.317.000. Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari penyelenggara tes. Untuk update harga IELTS terbaru, silakan kunjungi situs British Council atau IDP.

Tips Memilih Tempat Kursus IELTS untuk Raih Skor Impian

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, IELTS dianggap jauh lebih sulit daripada tes TOEFL atau TOEIC. Hal ini karena tes IELTS menggunakan aksen bahasa Inggris British dan Aussie yang tidak begitu familiar di telinga masyarakat Indonesia.

Selain sulit, biaya untuk ikut ujian IELTS di Indonesia juga relatif mahal, rata-rata di atas Rp2,8 juta. Maka itu, sebelum ambil tes IELTS, peserta disarankan untuk mempersiapkan diri semaksimal mungkin agar minimum skor IELTS yang diincar dapat tercapai.

Salah satu cara efektif untuk mempersiapkan diri adalah dengan ikut kursus IELTS sebelum ujian. Di Indonesia, jumlah lembaga pelatihan yang menyediakan kursus IELTS cukup banyak, namun tidak semua memberikan fasilitas dan pelayanan yang terbaik.

Sebelum memutuskan untuk ikut kursus IELTS di suatu tempat, baca terlebih dulu 9 tips memilih tempat kursus IELTS berikut ini.

1. Pilih tempat kursus yang sudah berizin

Pastikan tempat kursus IELTS yang kamu pilih adalah yang telah mendapatkan izin dari KEMENDIKBUD serta telah terakreditasi untuk menjamin kualitas. Jangan gampang tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh tempat kursus ilegal, karena seringkali kualitasnya buruk dan hanya buang-buang waktu saja.

2. Cari tempat kursus IELTS dengan model belajar variatif

Belajar dengan menggunakan satu metode tertentu saja pasti akan terasa membosankan. Untuk proses belajar yang efektif, pilih tempat kursus IELTS yang memiliki model belajar variatif dan fleksibel.

3. Menyediakan tutor berpengalaman

Pilih tempat kursus yang mempekerjakan tutor yang sudah berpengalaman mengikuti tes IELTS dan mendapatkan skor tinggi. Selain itu, pastikan juga tutornya diisi oleh orang-orang yang friendly dan profesional agar kegiatan belajar semakin nyaman.

4. Ada native Speaker

Salah satu hal yang diuji dalam tes IELTS adalah kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris atau speaking. Cara terbaik untuk melatih kemampuan speaking kamu adalah dengan sering-sering mengobrol bersama penutur aslinya (native speaker). Hal ini dapat dilakukan apabila kamu memilih tempat kursus IELTS yang juga mempekerjakan native speaker sebagai tutornya.

5. Memiliki fasilitas mendukung

Peran fasilitas pendukung dalam proses belajar mengajar sangatlah penting. Pastikan kamu memilih tempat kursus IELTS yang memiliki fasilitas lengkap, seperti menyediakan handouts dan buku panduan saat belajar.

6. Menawarkan kelas interaktif

Kelas interaktif adalah kelas yang proses pembelajarannya melibatkan semua pihak secara aktif, baik guru dan siswa. Menurut sejumlah penelitian, proses pembelajaran yang berlangsung interaktif terbukti lebih efektif membantu siswa memahami pelajaran daripada saat memakai metode pembelajaran satu arah. Pilih tempat kursus IELTS yang menawarkan kelas interaktif saat belajar agar kamu semakin siap dalam menghadapi tes IELTS.

7. Menyediakan konsultasi gratis

Tips yang berikut ialah cari tempat kursus IELTS yang menyediakan fasilitas konsultasi gratis. Hal ini penting karena tidak sedikit siswa yang ingin melakukan konsultasi bersama tutornya di luar jadwal kursus untuk bertanya hal-hal yang kurang dipahami atau sekadar meminta pendapat tutor dari tentang kekurangan mereka dan apa saja yang perlu ditingkatkan.

8. Biaya Terjangkau

Tempat kursus IELTS yang berkualitas tidak selamanya mematok harga yang fantastis. Beberapa ada juga yang menawarkan harga bersahabat. Pilihan terbaik adalah mengikuti kursus IELTS berkualitas namun dengan harga yang terjangkau.

9. Tersedia Fasilitas Garansi

Terakhir, pilih tempat kursus IELTS yang menyediakan fasilitas garansi 100%. Fasilitas garansi ini beda-beda. Ada lembaga kursus yang memberikan jaminan skor IELTS peserta pasti naik dan ada juga yang menyediakan garansi bahwa peserta pasti dapat minimal skor IELTS tertentu saat prep test. Jadi, pilih sesuai kebutuhanmu.

Terlepas dari pilihan yang kamu ambil, mendaftar kursus IELTS di tempat yang menyediakan garansi sudah pasti lebih menguntungkan karena kamu dapat mengulang kembali kursus IELTS secara gratis bahkan berkali-kali sampai jaminan skor IELTS yang dijanjikan tercapai.

Solusi Kursus IELTS Bergaransi dari Golden English

Ingin kursus IELTS tapi bingung mau daftar dimana? Ke Golden English Aja! Golden English adalah tempat kursus IELTS profesional dan berpengalaman yang menyediakan program persiapan tes IELTS intensif selama 2 bulan dengan biaya yang sangat terjangkau, mulai dari Rp 1 juta-an saja.

Program kursus persiapan IELTS dari Golden English ini bernama IELTS-Pro dan hadir dengan sejumlah keunggulan yang berbeda dengan program serupa di tempat kursus IELTS lain. Beberapa keunggulan diantaranya, ialah:

  1. Golden English adalah Lembaga Pendidikan Kredibel,peraih penghargaan lembaga kursus kreatif dari Dinas Pendidikan dan telah terakreditasi.
  2. Lembaga Pelatihan dengan model belajar lengkap(Private, Reguler, Online, Dormitory, dan in-Company Training)
  3. Biaya kursus terjangkau, mulai dari Rp1 juta
  4. Golden English menyediakan fasilitasGARANSI 100%, jaminan kenaikan skor bagi peserta
  5. Tutor-tutor professional, friendly dan berpengalaman
  6. Menyediakanfasilitas free counselling (konsultasi) eksklusifdengan teacher, baik online maupun offline
  7. GRATISsesi Practice English dengan guruasing/native speakersselama aktif kursus
  8. Setiap sesi kelas didesain interaktif, efektif dan mudah dipahami
  9. Kurikulum terbaru, hand-outs dan buku panduan lengkap

Apabila kamu tertarik mendaftar kursus IELTS di Golden English, silakan hubungi CS kami di 021-85503106 atau bisa juga melalui WA di 0818 790 111. (Test TOEFL Online, Golden English/ads)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia