2 X 3 dan 3 X 2, Apakah Perkalian Ini Punya Perbedaan atau Sama Saja?

Tim detikcom - detikEdu
Sabtu, 25 Sep 2021 08:44 WIB
Anak dan soal-soal matematika
Matematika Foto: Thikstock
Jakarta - Pertanyaan sederhana, "apakah perbedaan perkalian 2 x 3 dengan 3 x 2?" acapkali mengecoh murid bahkan orang tua sekalipun.

Kalau menurut Anda apakah dua perkalian ini memiliki perbedaan atau sebenarnya sama saja? Founder @ngajimatematika Dhika Widayat membantu menjelaskan.

Menurut Dhika, jawabannya bisa keduanya sama saja atau sebaliknya ada perbedaan di antara dua perkalian tersebut. "Jawabannya tergantung dari pertanyaan yang diberikan," ujar Dhika beberapa waktu lalu.

Kalau ditanyakan secara hasil matematika, jawabannya kedua perkalian tersebut sama yakni 6. Mengapa demikian? Karena perkalian memiliki sifat komutatif atau pertukaran.

Sifat komutatif operasi perkalian adalah perkalian akan selalu mendapatkan hasil yang sama meskipun kedua bilangan ditukar tempatnya atau a x b=b x a. Jadi secara hasil 2 x 3 = 3 x 2.

Namun, secara konsep matematika, kedua perkalian tersebut memiliki arti yang berbeda 2 x 3 = 3 + 3, sementara 3 x 2 = 2 + 2 + 2. Sesuai dengan definisi perkalian yakni penjumlahan yang berulang.

"Jadi walaupun hasil 2 x 3 dan 3 x 2 sama, tetapi secara konseptual berbeda," ujar Dhika

Contoh paling mudah dalam kehidupan sehari-hari bisa dilihat dari resep obat yang dituliskan dokter. Kalau dokter tuliskan 3 x 1 tablet artinya obat harus diminum sebanyak 3 kali masing-masing 1 tablet.

Nah, jika dokter menuliskan 1 x 3 tablet, maka obat itu harus diminum sebanyak 3 tablet dalam sekali minum.

Menurut Dhika, pengajaran matematika pada anak yang masih dalam pendidikan dasar sebaiknya mengenalkan konsep-konsep dasar bukan hanya sekadar hitung-hitungan.

"Jangan langsung dengan abstrak," ujar Dhika. Ia menyarankan memakai alat peraga dengan benda-benda di sekitar. Misalnya mengenalkan pecahan 1/2 bisa dengan mengambil selembar kertas. Kemudian kertas tersebut dibagi dua.



Simak Video "Sosok Stanve, Jago Matematika Tingkat Dunia Asal Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia