Tonle Sap Jadi Danau Terbesar di Asia Tenggara, Letaknya di Mana?

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 23 Sep 2021 14:00 WIB
desa
Foto: (Titry/d'Traveler)
Jakarta -

Tonle Sap merupakan danau terbesar di Asia Tenggara yang terletak di negara Kamboja. Danau Tonle Sap adalah paduan sistem danau dan sungai. Tonle memiliki arti sungai air besar tawar, tetapi kemudian disebut dengan danau.

Danau Tonle Sap adalah danau air tawar terbesar yang berada di Asia Tenggara. Danau ini juga merupakan habitat dari keanekaragaman hayati yang ditetapkan oleh Unesco sebagai biosfer pada tahun 1997.

Danau Tonle Sap ternyata memiliki keunikan juga lho, detikers! Danau ini memiliki dua keunikan yang membuat danau ini dikenal oleh seluruh dunia dan layak untuk dikunjungi.

Melansir dari buku Lets Go Around World karya Dyah Prameswarie dan Cetra Aditya, aliran air danau ini berubah arah dua kali setiap tahunnya. Selain itu, ukuran danaunya dapat mengembang dan mengecil sesuai dengan musimnya. Sepanjang bulan November hingga Mei, Kamboja mengalami musim kemarau.

Pada saat musim kemarau danau Tonle Sap masuk menuju Sungai Mekong Phnom Penh. Saat curah hujan cukup tinggi yaitu pada bulan Juni, aliran air akan berbalik dan mengisi danau Tonle Sap sehingga ukuran danau akan menjadi lebih besar dari pada sebelumnya.

Tonle Sap merupakan danau terbesar di Asia Tenggara yang terletak di negara Kamboja ini juga merupakan bagian dari Suaka Biosfer Tonle Sap.

Di daerah danau Tonle Sap dataran rendah daerah ini umumnya masih berupa hutan, walaupun sebagian telah diusahakan untuk daerah pertanian. Dataran tinggi dan pegunungan terdapat di sebelah barat daya hingga ke pantai.

Puncak tertinggi dari kawasan Tonle Sap adalah kawasan pegunungan Gunung Phnum Aoral setinggi 1810 m.

Dataran besar Tonle Sap yang terletak di daerah bayangan hujan, menerima curah hujan kurang dari 1.525 mm per tahun. Semakin ke timur, semakin bertambah curah hujan tahunan secara keseluruhan, sementara ketinggian tanahnya juga terus bertambah.

Jadi Tonle Sap merupakan danau terbesar di Asia Tenggara yang terletak di negara Kamboja ya detikers! Apa detikers sudah tertarik berkunjung ke danau tersebut?



Simak Video "Kamboja Berikan Vaksin Sinovac pada Anak 6-11 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia