6 Potensi Sumber Daya Alam Indonesia, dari Pertanian hingga Pertambangan

Trisna Wulandari - detikEdu
Kamis, 05 Agu 2021 08:00 WIB
Petani memetik teh di perkebunan teh Nglinggo, Kulonprogo, Yogyakarta, Rabu (16/9/2020). Sentra perkebunan teh Nglinggo selain menjadi penghasil teh, juga menawarkan tujuan wisata alam yang menyuguhkan pemandangan hamparan perkebunan teh.
Salah satu sumber daya alam Indonesia hasil perkebunan adalah teh. Foto: PIUS ERLANGGA
Jakarta -

Sumber daya alam Indonesia berdasarkan materi pembentukannya dibedakan atas sumber daya alam organik dan anorganik. Sumber daya alam potensial adalah sumber daya alam yang masih berada di tempat aslinya.

Potensi sumber daya alam Indonesia berdasarkan pembentukannya terdiri dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui, seperti dikutip dari buku Hafal Mahir Materi Geografi SMA/MA Kelas 10, 11, 12 oleh Santi Sari Dewi, M.Pd.

Contoh sumber daya alam (SDA) yang dapat diperbaharui adalah air, udara, dan tanah. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah SDA yang dapat dibentuk kembali oleh alam dengan siklus yang relatif cepat.

Apa saja yang termasuk sumber daya alam? Jenis-jenis sumber daya alam berdasarkan pemanfaatannya yaitu sumber daya materi, sumber daya hayati, sumber daya energi, sumber daya ruang, dan sumber daya waktu.

Sumber daya materi adalah sumber daya alam yang berbentuk materi. Contoh sumber daya materi adalah mineral magnetit, limonit, dan siderit. Mineral tersebut dapat dilebur jadi baja.

Sumber daya hayati adalah sumber daya alam yang berbentuk makhluk hidup. Contoh sumber daya hayati adalah hewan dan tumbuhan.

Sumber daya energi adalah sumber daya alam yang berguna untuk menghasilkan energi. Contoh sumber daya energi adalah bahan bakar fosil, gas alam, dan batu bara.

Sumber daya ruang yaitu ruang atau tempat manusia untuk beraktivitas. Sementara itu, sumber daya waktu adalah keterkaitan waktu dengan pemanfaatan sumber daya alam lainnya. Contohnya adalah musim hujan yang membantu perkembangan tanaman pertanian.

Nah, sumber daya alam apa saja yang dimiliki Indonesia? Potensi sumber daya alam Indonesia mencakup kekayaan sumber daya hayati, sumber daya materi, sumber daya energi, sumber daya ruang, dan sumber daya waktu.

Potensi Sumber Daya Alam yang Ada di Indonesia yakni sebagai berikut:

1. Sumber Daya Alam Indonesia Hasil Pertanian


Hasil pertanian Indonesia di antaranya yaitu padi atau beras, jagung, ubi, kayu, kedelai, dan kacang tanah.

2. Sumber Daya Alam Indonesia Hasil Perkebunan


Hasil perkebunan Indonesia di antaranya adalah tebu, tembakau, teh, kopi, karet, kelapa (kopra), kelapa sawit, cokelat, pala, cengkih, lada, dan vanili.

Selanjutnya sumber daya alam Indonesia hasil kehutanan

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia