Contoh Kalimat Penutup Pidato Lengkap dengan Penjelasannya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 20 Sep 2021 14:30 WIB
Pidato Presiden Sukarno
Contoh kalimat penutup pidato beserta penjelasannya. Presiden Sukarno merupakan salah satu tokoh yang piawai berpidato (Foto: Perpustakaan Nasional )
Jakarta - Pidato adalah penyampaian lisan kepada sekelompok orang atau masa. Biasanya orang yang berpidato berbicara di atas podium atau mimbar dan isi pembicaraan diarahkan ke orang banyak.

Secara umum, dalam menyampaikan pidato seseorang harus mampu mengungkapkan pikiran secara lisan dengan lancar. Tentunya dengan tujuan penyampaian dan bahasa yang gampang dimengerti sesuai dengan pendengar. Lantas bagaimana contoh kalimat pembuka dan penutup pidato?

Contoh kalimat pembuka dan penutup pidato lengkap dengan penjelasannya, dikutip dari "Pelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Untuk SMA & MA Kelas X" oleh Asul Wiyanto.

1. Pembuka Pidato

Pembuka pidato yang tepat adalah penuturan kalimat yang menarik, tidak panjang, dan ada hubungannya dengan isi pidato.

Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk membuka pidato, antara lain mengucapkan rasa syukur, memperkenalkan diri, menyampaikan cerita yang sesuai, menceritakan pengalaman yang ada hubungannya dengan isi pidato, dan menyampaikan gambaran umum mengenai isi pidato.

Pembicara dapat memilih salah satu atau menggabungkan cara satu dengan yang lainnya dalam membuka pidato.

Contoh kalimat pembuka pidato: perpisahan SMA/SMK

Menyampaikan topik yang akan dibahas sesuai isi pidato:

"Anak-anak sekalian, pada kesempatan ini, Bapak akan memberi pengarahan tentang perlunya pertimbangan antara pemilihan jurusan di perguruan tinggi dengan lapangan kerja yang memungkinkan."

2. Isi Pidato

Isi pidato adalah hal-hal yang akan disampaikan pembicara dalam pidato untuk mencapai tujuan tertentu. Isi pidato mungkin berupa penjelasan, alasan, bukti, contoh, atau ajakan.

Pembicara harus menyampaikan isi pidato dengan jelas dan meyakinkan sehingga pendengar dapat memahami dan menerimanya.

3. Penutup Pidato

Penutup pidato merupakan bagian pidato yang mengisyaratkan bahwa pidato akan segera berakhir. Untuk memberi kesan, biasanya pembicara akan menutup pidato dengan cara yang baik dan tepat.

Ada banyak cara yang dapat dipilih untuk menutup pidato, antara lain:

- menyampaikan kesimpulan untuk meyakinkan pendengar

- menyampaikan permintaan agar pendengar melakukan sesuatu,

- menyampaikan ucapan terima kasih dan pujian kepada pendengar,

- menyampaikan ungkapan terkenal, atau menggunakan pantun.

Namun, semua itu tentu saja harus sesuai dengan isi dan tujuan pidato serta situasi yang dihadapi.

Contoh kalimat penutup pidato

- Kalimat pidato yang jelas dan tidak menggurui: "Demikian pidato saya, semoga apa yang saya sampaikan tadi bermanfaat bagi hadirin."

Penutup pidato di atas menggunakan bahasa formal yang umum dan gampang dimengerti, hal ini penting dalam menyampaikan maksud atau menutup sebuah pidato.

- kalimat penutup pidato pengukuhan: "Demikian yang ingin saya sampaikan, terima kasih kepada hadirin yang datang. Tanpa hadirin, saya hanya akan berbicara sendiri sebagai individu bukan manusia. Keberadaan hadirin sangat berarti"

Penutup pidato tersebut diungkapkan dengan ucapan terima kasih dan pujian. Hal ini biasanya digunakan dalam pidato selebrasi atau apresiasi pengukuhan.

Itulah contoh kalimat pembuka dan penutup pidato lengkap dengan penjelasannya. Selamat belajar detikers!

Simak Video "Jokowi Berharap Target Investasi Rp 900 Triliun Tercapai"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia