10 Tips Belajar untuk PTS dan Ujian, Siswa Perlu Tahu Nih

Trisna Wulandari - detikEdu
Senin, 20 Sep 2021 08:00 WIB
ilustrasi remaja belajar
10 tips belajar PTS, UTS, dan ujian, siswa perlu tahu. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Penilaian Tengah Semester (PTS), Ulangan Tengah Semester (UTS) dan ujian perlu persiapan agar grafik nilai rapor detikers aman. Agar tidak stres dan burn out, ada beberapa tips yang bisa kamu coba selama belajar dan mengulang materi pelajaran.

Dilansir dari laman QS Quacquarelli Symonds Top Universities, berikut sepuluh tips belajar PTS dan ujian.

10 Tips Belajar PTS dan Ujian

1. Luangkan cukup waktu buat belajar

Menunda-nunda belajar hingga menit terakhir kadang jadi pilihan. Terlebih, ada saja teman yang terlihat sukses menghadapi ujian dan PTS dengan menerapkan Sistem Kebut Semalam atau SKS. Tetapi, cara kebut ini rupanya bukan cara terbaik untuk menghadapi ujian.

Untuk membantu belajar manajemen waktu, kamu bisa membuat dan menerapkan jadwal belajar. Tuliskan apa saja dan kapan ujian yang akan berlangsung. Dari jadwal ujian tersebut, atur jadwal belajar yang cukup untuk tiap materi ujian. Sesuaikan porsi waktu belajar untuk materi-materi yang butuh waktu lebih banyak untuk dipahami. Jangan lupa sisakan waktu istirahat agar tetap sehat dan nyaman menjelang waktu ujian.

2. Atur Ruang Belajar

Cek singkat ruang belajar kamu: apakah cukup cahaya? Apakah kursi dan tinggi kursi sudah nyaman? Apakah game sudah diasingkan dulu dari layar komputer dan gawai? Pastikan juga kamu punya cukup ruang untuk membuka buku teks pelajaran dan catatan.

Atur kamar agar kamu jauh dari semua gangguan belajar, bisa fokus, dan senyaman mungkin. Jika kamu senang mendengarkan musik sambil belajar, siapkan playlist instrumental atau lagu yang membantu kamu fokus dan menjaga mood. Sesuaikan suasana ruang belajar dengan kenyamanan kamu, bisa sangat rapi, atau sedikit berantakan.

3. Gambar Diagram dan Alur

Jika kamu cenderung memiliki kecerdasan visual, alat bantu visual akan sangat membantu saat mengulang pelajaran. Jika kamu punya cukup waktu, buat catatan singkat untuk menguji apakah sudah hafal materi yang telah kamu pahami. Jika ada yang terlewat, tambahkan diagram dan alur untuk memudahkan kamu mengingat apa saja yang perlu selama ujian.

4. Latihan Soal-Soal Ujian Lama

Kamu bisa berlatih soal-soal ujian lama yang keluar tahun lalu dan soal-soal latihan di buku lain. Latihan soal membiasakan kamu untuk terbiasa dengan format pertanyaan, sehingga kamu bisa belajar mengatur kecepatan penyelesaian sebuah soal dengan jawaban yang tepat.

5. Ajari Teman Soal yang Tidak Ia Pahami

Jika teman kamu bertanya tentang soal yang tidak mereka mengerti, ajarkan dengan sejelas mungkin. Mengajari seseorang adalah cara memahami dan menghafal yang baik. Sebab, mendengar diri kita sendiri berbicara maupun menulis ulang materi di chat itu juga membantu materi lebih gampang diingat.

Alternatifnya, jelaskan sebuah materi pada orang tua atau adik. Dengan begitu, mereka juga bisa mengingatkan bagian materi mana yang masih butuh latihan.

Selanjutnya tips belajar PTS, UTS, ujian: Kelompok Belajar >>>>

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia