10 Sifat Orang Cerdas Menurut Pakar, Kamu Banget Nggak Nih?

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Kamis, 16 Sep 2021 15:15 WIB
Happy schoolgirl preschool girl with book near school board blackboard
Foto: iStock
Jakarta - Penelitian membuktikan bahwa kecerdasan seseorang tidak hanya dinilai dari tingkat IQ-nya saja. Namun, ada beberapa faktor pendukung lainnya yang bahkan mungkin tidak disadari oleh orang yang bersangkutan.

Misalnya, salah satu studi dari British Journal of Psychology tahun 2016 mengungkapkan bahwa orang yang cerdas cenderung lebih suka menghabiskan waktu sendirian. Atau istilah ini yang kerap kali disebut dengan me-time.

Untuk itu, detikEdu merangkum dari situs Bustle tentang tanda-tanda yang sering kali tidak disadari oleh orang-orang cerdas. Berikut 10 tanda bahwa kamu orang cerdas berdasarkan penelitian dari para pakar. Ada apa saja ya?

10 Sifat Tanda Orang Cerdas Menurut Pakar

  • 1. Empati Tinggi

Psikoterapis Christine Scott-Hudson menyatakan adanya hubungan langsung antara kecerdasan emosional yang tinggi dengan IQ tinggi yang dimiliki seseorang. Salah satu bagian dari kecerdasan emosional adalah empati yang dimiliki seseorang.

"Semakin tinggi skor empati seseorang, semakin tinggi pula skor pemahaman verbal yang efektif bagi orang tersebut," kata Scott-Hudson.

  • 2. Rasa Ingin Tahu Tinggi

Tanda orang cerdas selanjutnya adalah sejauh mana rasa ingin tahu seseorang dalam segala sesuatu. Menurut Scott-Hudson, orang cerdas bukan diukur dari jumlah buku yang dibacanya, tetapi perihal pertanyaan yang diajukan dalam benaknya.

"Orang-orang cerdas melibatkan hasrat mereka dan mengajukan pertanyaan, seperti siapa, apa, kapan, di mana, bagaimana, mengapa, dan bagaimana jika," kata dia.

  • 3. Jiwa Pengamat Tinggi

Sementara itu, psikolog klinis dan ahli saraf Dr. Catherine Jackson mengungkapkan bahwa orang cerdas cenderung pendiam. Bahkan, ia justru menjadi pengamat di antara yang lainnya.

"Orang tercerdas di ruangan itu tidak selalu yang paling berisik. Alih-alih membual tentang pencapaian mereka atau memberi tahu orang betapa benar pendapat mereka, mereka biasanya pendiam dan jeli," ungkap Jackson.

Sebab, ketika seseorang memiliki kemampuan untuk memahami segala hal, ia justru lebih mampu melihat hal-hal yang biasanya terlewatkan oleh orang lain.

  • 4. Kontrol Diri Tinggi

Memiliki kontrol diri adalah tanda kecerdasan. Sebab, menurut Jackson, orang yang bersangkutan lebih cenderung untuk berpikir sebelum bertindak.

"Anda tahu bagaimana mengendalikan emosi dan impuls diri Anda sendiri. Sehingga tidak menimbulkan bahaya," tutur dia.

Orang-orang seperti ini juga cenderung memecahkan masalah dalam hidupnya dengan cepat. Hal ini untuk mengurangi ketidaknyamanan dalam dirinya.

  • 5. Mudah Mengingat Hal Kecil

Orang dengan daya ingat yang baik artinya memiliki keterampilan, memori jangka pendek yang baik, dan kemampuan fokus yang baik.

"Daya ingat yang baik dan kecerdasan itu sangat berkorelasi," kata Jackson.

  • 6. Paham Batas Kemampuan Diri

Orang yang cerdas bukanlah orang yang merasa bahwa dirinya mengetahui segala hal. Sebaliknya, dia justru akan merasa masih belum memahami banyak hal.

"Mereka tahu batas kemampuan mereka dan bisa mengakuinya. Ini memugkinkan mereka terbuka untuk belajar lebih banyak dari orang lain atau situasi," jelas Jackson.

  • 7. Fleksibel

Orang cerdas cenderung tidak membuang waktu untuk mengkhawatirkan hal-hal yang berada di luar kendalinya. Menurut Jackson, ia tahu bagaimana menjadi fleksibel dan mengikuti arus.

Hal ini menunjukkan bahwa orang tersebut mampu memecahkan masalah dan menemukan solusi dengan cepat.

"Daripada menjadi kaku tentang apa yang harus terjadi, mereka tetap fleksibel secara mental, berpikiran terbuka, dan dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan kehidupan. Tidak peduli apapun yang terjadi," ungkap dia.

  • 8. Minat Tinggi pada Sesuatu yang Menarik

Menurut psikolog klinis Dr. Holly Schiff, Psy, D, ciri utama individu cerdas adalah keingintahuan, minat, dan keinginan belajar yang tinggi. Artinya, bila dihadapkan dengan sesuatu yang menarik minat mereka, orang cerdas akan menginvestasikan waktu dan energinya untuk mempelajari hal tersebut.

"Keingintahuan intelektual mereka akan memungkinkan untuk mempelajari dan membaca apapun yang bisa mereka dapatkan," kata Schiff.

  • 9. Bukan Convo Killer

Orang cerdas tidak hanya mampu mengajukan pertanyaan yang tepat, tetapi mereka juga mampu membangun percakapan dengan orang lain. Hal ini disampaikan oleh antropolog dan penulis Andi Simon, Ph.D.

Menurutnya, hal ini dilatarbelakangi dari orang cerdas cenderung lebih memahami informasi dan wawasan yang juga dimiliki oleh lawan bicara.

"Kita lupa bahwa semua kehidupan adalah percakapan. Orang cerdas menyadari bahwa orang lain memiliki informasi dan wawasan. Melalui percakapan bersama akan membantu meningkatkan wawasan keduanya dan memperluas pengetahuan mereka," ungkap Simon.

  • 10. Dipercaya Orang Lain

Jika orang lain menaruh kepercayaan padamu bahkan mau mengikuti arahan layaknya pemimpin, ini mungkin menjadi tanda bahwa kamu orang yang cerdas.

Simon mengutip studi dari Universitas Oxford tahun 2014 yang menemukan bahwa kepercayaan orang lain adalah bagian penting dari budaya dan masyarakat. Tidak hanya terkait dengan bukti menjadi individu yang positif, tetapi juga sangat berkorelasi dengan kecerdasan.

"Dalam penelitian di berbagai negara, hasil menunjukkan bahwa kepercayaan sangat terkait dengan individu yang cerdas dan berfungsi sebagai sumber daya sosial yang berharga yang mempengaruhi cara orang mengikuti orang lain," kata Simon.

Sebab, orang lain lebih cenderung untuk mengikuti dan mempercayai orang-orang yang cerdas dan paham bagaimana memimpin kelompok secara efektif.

Itu dia 10 sifat yang biasanya dimiliki oleh orang-orang cerdas. Gimana detikers? Kamu relate nggak sama sifat-sifat di atas?

Simak Video "Toxic Positivity, Racun Dibalik Ucapan Semangat"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia