Tiga Jenis Air Mata yang Harus Diketahui, Apa Saja?

Anatasia Anjani - detikEdu
Minggu, 29 Agu 2021 08:00 WIB
Anak menangis
Foto: iStock
Jakarta -

Saat menangis pasti kita mengeluarkan air mata, entah menangis karena sedih ataupun bahagia. Air mata tidak hanya dimiliki oleh manusia saja. Hewan juga memiliki air mata.

Air mata yang keluar saat keadaan sedih akan membuat seseorang menjadi lebih lega atas masalah yang sedang dipikulnya. Ketika menangis dan mengeluarkan air mata, rasanya akan menjadi lebih ringan dan dapat memunculkan perasaan lebih tenang.

Detikers, apakah kalian mengetahui ada berapa jenis air mata yang dihasilkan dari kelenjar air mata? Ternyata ada tiga jenis air mata yang dihasilkan dari kelenjar air mata.

Apa saja itu? Berikut adalah tiga jenis air mata yang dilansir dari akun Instagram Kemendikbud Ristek.

1. Air Mata Basal

Air mata basal memiliki fungsi untuk menjaga mata agar tetap basah dan mencegah bakteri jahat masuk ke dalam mata. Dengan memiliki air mata basal, mata dapat terjaga dari infeksi yang datang dari luar.

2. Air Mata Refleks

Jenis air mata kedua yang kedua yaitu air mata refleks. Air mata refleks adalah air mata yang terbentuk ketika mata perlu membersihkan sesuatu yang berbahaya yang masuk ke mata. Contohnya seperti asap dan debu.

3. Air Mata Emosional

Air mata emosional adalah air mata yang muncul ketika detikers merasa senang maupun sedih. Dari ketiga jenis air mata di atas, air mata emosional lah yang berfungsi seperti obat penghilang rasa sakit alami.

Jadi setiap manusia yang mengeluarkan air mata emosional akan merasa lebih baik atau lega, setelah selesai menangis.

Jenis air mata basal dan refleks lebih banyak mengandung garam dibanding air mata emosional. Nah itu tadi adalah jenis-jenis air mata yang harus diketahui oleh detikers. Jadi sudah paham kan detikers?



Simak Video "Bisakah Agama Bantu Atasi Stres?"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia